UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII-C SMP N 49 JAKARTA

NASTITI ADZIMAH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII-C SMP N 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. LEMBAR PERETUJUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (532kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (518kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (119kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematika yang dilakukan di kelas VIII-C SMP Negeri 49 Jakarta, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 49 Jakarta melalui penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran di setiap siklus dengan menerapkan pendekatan CTL. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini berlangsung dari bulan April hingga Mei 2016 di kelas VIII-C SMP Negeri 49 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa di kelas sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang diberikan setiap akhir siklus. Rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-C pada penelitian pendahuluan adalah 51,28, pada siklus I meningkat menjadi 69,11, pada siklus II meningkat menjadi 79,07, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,14. Jumlah siswa yang mencapai atau melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada tes akhir siklus juga mengalami peningkatan. Pada penelitian pendahuluan terdapat 3 siswa (8.33%), pada siklus I meningkat menjadi 7 siswa (19,44%), pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (58,33%), dan pada siklus III meningkat menjadi 31 siswa (86,11%). Based on observations and the result of preliminary test, can be said that the ability of understanding mathematical concepts of students is still relatively low, so that these capabilities need to be improved. Implementation Contextual Teaching and Learning (CTL) approach can be used as an alternative in the implementation of learning in the classroom. The purpose of this study was to improve understanding of mathematical concepts of class VIII-C SMP Negeri Jakarta through the application of CTL approaches. This research is classroom action research which carried out in three cycles, each cycle consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Every cycle learning by applying CTL approaches. Students are given a final test cycle to measure the ability of understanding mathematical concepts. The study took place from April to May 2016 at VIII-C SMP Negeri 49 Jakarta on academic year 2015/2016 with the number of students in the class were 36 students. The results showed that the application of CTL approach can improve students’ understanding of mathematical concepts. It is shown by an increase in the average value of test the ability of understanding of mathematical concepts which given each end of the cycle. The average value of the ability of understanding of mathematical concepts class VIII-C in the preliminary test was 51.28, in the first cycle increased to 69.11, on the second cycle increased to 79.07, and the third cycle increased to 86.14. The number of students which reached or exceed the value of minimum completeness criteria at the end of the test cycle has also increased. In preliminary test, there are 3 students (8.33%), in the first cycle increased to 7 students (19.44%), on the second cycle increased to 21 students (58.33%), and the third cycle increased to 31 students (86.11)%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ellis Salsabila, M.Si 2) Dra. Suprakarti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:46
Last Modified: 11 Apr 2022 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item View Item