MUHAMAD CIKAL TAWAKAL, . (2017) PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT PESERTA DIDIK DILIHAT DARI KOMPETENSI SOSIAL TUTOR PAKET B DI PKBM JAKARTA TIMUR & JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (100kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Download (451kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Download (699kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (180kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Download (348kB) |
||
Text
Skripsi Abstrak.pdf Download (333kB) |
||
Text
Skripsi Lampiran.pdf Download (337kB) |
||
|
Image
P_20170223_094005.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
P_20170223_094026.jpg Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan minat dan bakat peserta didik dilihat dari kompetensi sosial tutor paket B di PKBM Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan di 6 PKBM Jakarta Timur dan Jakarta Pusat yaitu 33, 29, 16, 14, 13,12. Peneliti menggunakan sampel dari seluruh PKBM Jakarta Timur dan Jakarta Pusat hanya beberapa tutor yang ada dilapangan dan beberapa PKBM yang ada di Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan pengamatan. Pengamatan dilakukan terhadap proses kegiatan belajar responden di PKBM, data yang telah diperoleh di analisa dengan cara tabulasi menggunakan teknik tabulasi silang atau “crosstabulation” agar data lapangan dapat tampak ringkas, dan tersusun dalam satu tabel, data dapat dibaca dengan mudah dan maknanya dapat segera diketahui. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang kompetensi sosial yang di terapkan oleh tutor di 6 PKBM tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh secara menyeluruh dari pengelolaan data kuesioner adalah : (1) Tutor mampu memberikan kreatifitas kepada peserta didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik memperoleh persentase sebesar 93,3%, (2) Tutor mampu mempunyai perencanaan pembelajaran yang matang untuk menambah wawasan peserta didik memperoleh persentase sebesar 86,7%, (3) tutor memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi sosial dalam pembelajaran memperoleh persentase sebanyak 93,3%. The purpose of this research is to develop an interest and talent of students seen from socio-tutor competency package B in East Jakarta and Jakarta PKBM Center. This research was carried out in 6 PKBM East Jakarta and Central Jakarta, i.e. consists of: 4 PKBM East Jakarta PKBM N 33 Malaka, PKBM N 12 Central, PKBM N 14 Klender, PKBM N 13 Cipinang, and 2 PKBM Central Jakarta PKBM 29 Cempaka Baru, PKBM N 16 Rawasari. Researchers using samples from the entire PKBM East Jakarta and Central Jakarta just a few existing tutor in field and some existing PKBM in East Jakarta and Central Jakarta. This study is a research method using deskriftif survey. Data collection is done usingthe now and observations. Observations were made to the process of learning activities respondents in PKBM, data have been obtained in the analysis by means of cross-tabulated using the technique of tabulations or "crosstabulation" in order for the data field may seem succinct, and arranget in a table, the data can be read with ease and its meaning can be immediately known. The purpose of this research is to provide an overview of social competency in apply by tutors at 6 PKBM the research results obtained are thoroughly from the quetionnare data management are: (1) tutors are able to give creativity to learners to improve the quality of learning, learners gain percentage amounted to 93,3%, (2) Tutors are able to have a mature learning planning to add insight learners acquire a percentage of 86,7%, (3) tutors have a purpose to increase social competency in learning gain percentage as much as 93.3%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Widio Prihanadi. 2). Dr. Karnadi, M. Si, MM. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:26 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26547 |
Actions (login required)
View Item |