MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Lagoa 11 Jakarta Utara)

NADIA KRISTALITA MURNI, . (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Lagoa 11 Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text
5. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (397kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (109kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
6. LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (186kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (92kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (256kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
12. BAB I s.d. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle pada siswa kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lagoa 11 Jakarta Utara sejumlah 31 siswa. Model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah Model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan pada siklus I persentase hasil belajar IPS ranah kognitif mencapai 58,06% dengan rincian 18 siswa dari total 31 siswa mendapatkan nilai ≥ 70, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,10% dengan rincian 27 siswa dari total 31 siswa mendapatkan nilai ≥ 70. Pada siklus I, persentase perolehan hasil belajar IPS ranah afektif mencapai 67,74% dan mengalami peningkatan menjadi 96,77% pada siklus II. Sementara itu, pada siklus I, hasil belajar IPS ranah psikomotorik memperoleh persentase sebesar 77,42%, kemudian pada siklus II mencapai 100%. Pada siklus I, hasil pemantau tindakan guru memperoleh persentase sebesar 77,50%, kemudian menjadi 96,25% pada siklus II. Pada siklus I, hasil pemantau tindakan siswa memperoleh persentase sebesar 73,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. This classroom action research aimed to improve learning results of social studies of economic activity matter through crossword puzzle type of active learning strategy in fourth grade students. Subjects in this research were fourth grade students of State Elementary School Lagoa 11 North Jakarta, numbered 31 students. The classroom action research model used was the Kemmis and Mc Taggart models. Each cycle in this classroom action research consisted of planning, action, observation, and reflection. The results of the research showed that in first cycle the percentage of learning results of social studies in cognitive domain reached 58.06% with details of 18 students from total 31 students got value ≥ 70, then in second cycle increased to 87,10% with detail 27 students from total 31 students got value ≥ 70. The percentage of learning results of social studies in affective domain in the first cycle reached 67.74% and increased to 96.77% in second cycle. Meanwhile, in the first cycle, learning results of social studies in psychomotor domain got percentage of 77.42%, then in the second cycle reached 100%. In the first cycle, the result of teacher action monitoring obtained percentage of 77.50%, then increased to 96.25% in the second cycle. In the first cycle, the result of student action monitoring obtained percentage of 73.75% and in the second cycle increased to 93.75%. The implication of this research was that crossword puzzle type of active learning strategy could improve learning results of social studies in cognitive, affective, and psychomotor domains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. 2). Dr. Ir. Arita Marini, M.E.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:03
Last Modified: 14 Apr 2022 04:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26622

Actions (login required)

View Item View Item