NOVAN PRIMA PUTRA, . (2017) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DENGAN METODE STUDY GROUP (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Cipedak 06 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (302kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (309kB) |
|
Text
3. Lembar Abstrak.pdf Download (89kB) |
|
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (109kB) |
|
Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf Download (85kB) |
|
Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf Download (248kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Download (162kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (321kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (257kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text
18. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (3MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (100kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran PKn dengan metode Study Group di kelas IV SDN Cipedak 06 Pagi Jakarta Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Mc Taggart dan Stephen Kemmis dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan atau observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi atau foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran PKn dengan metode Study Group untuk tindakan guru siklus I adalah 77,50% dan siklus II 92,50%. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran PKn dengan metode Study Group untuk tindakan siswa siklus I adalah 75% dan siklus II 90%. Adapun nilai Sikap Tanggung Jawab Siswa pada siklus I adalah 66,67% dan siklus II 88,89%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sikap Tanggung Jawab Siswa kelas IV SDN Cipedak 06 Pagi Jakarta Selatan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PKn dengan metode Study Group. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan metode Study Group merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa di kelas IV SDN Cipedak 06 Pagi Jakarta Selatan. The aim of this research is to improve the students responsibility through Civic Learning with Study Group Method in the fourth grade SDN 06 Pagi Cipedak, South Jakarta. This research method is by using action research spiral model / cycle of Mc Taggart and Stephen Kemmis t with a two-stage cycle of planning, implementation or action, observation and reflection. Techniques of data retrieval through observation or observation and interviews, as well as data collection by using documentation or photographs taken during the learning process. The results show the data obtained from the learning process of civic with Study Group Method for the teacher's behavior first cycle was 77,50% and the second cycle of 92,50%. Another data obtained from the learning process of civic with Study Group Method for the students act first cycle is 75% and cycle II 90%.The value of students responsibility in the first cycle was 66,67% and the second cycle of 88,89%. From the research results of this study can be concluded the attitude of student responsibility of fourth grade students of SDN 06 Pagi Cipedak, South Jakarta can be enhanced through learning civics with study group method. The implication of this research is that learning with Study Group Method is one lesson that can increase the students resposibility in the fourth grade SDN 06 Pagi Cipedak, South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 00:36 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 00:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26713 |
Actions (login required)
View Item |