RISKA SILVIA, . (2017) HUBUNGAN KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2015 PADA MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (85kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB I-V (ISI SKRIPSI).pdf Download (917kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text
LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (396kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (318kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (465kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar mahasiswa Universitas Negeri Jakarta angkatan 2015 pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 2.200 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 330 mahasiswa. Pengambilan sampel berdasarkan teknik probability sampling menggunakan cara custler sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dari Karl Pearson. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara yakni melaksanakan tes CFIT skala 3 Bentuk A yang dikembangkan oleh Raymond B. Cattel dan studi dokumentasi form 06 dosen pengampu mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan intelektual mahasiswa angkatan 2015 mayoritas berada pada kategori rata-rata yakni berjumlah 188 mahasiswa dengan rerata kecerdasan intelektualnya 92,06. (2) Hasil belajar mahasiswa mayoritas berada pada rentang nilai 71-75 yakni berjumlah 120 mahasiswa dengan rerata hasil belajarnya 76,89, dan (3) Ada hubungan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar mahasiswa angkatan 2015 pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Hasil analisis korelasi menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,253 (nilai positif) sehingga Ha diterima. Adapun kontribusi kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar dalam penelitian ini adalah sebesar 6,4%. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai calon guru diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan intelektualnya agar dalam proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal sehingga berdampak pada hasil belajar yang baik. This study aims to determine the relationship between intellectual intelligence with student learning outcomes State University of Jakarta force 2015 on the subject of Learning and Learning Theory. The population in this study is as many as 2.200 students with a sample of 330 students. Sampling is based on probability sampling technique using custler sampling method. The data analysis used was simple correlation analysis from Karl Pearson. The data collection in this research used two ways, namely to carry out CFIT test of scale 3 A form developed by Raymond B. Cattel and study document form 06 lecturer of course subject of Learning and Learning Theory. Result of research indicate that: (1) Intellectual Intelligence of student of class of 2015 majority is in average category which amounts to 188 students with average intellectual intelligence 92,06. (2) The result of student study of majority is in the range of 71-75 value which amounts to 120 students with the average of learning outcomes 76,89, and (3) There is a correlation between intellectual intelligence with student learning result of class of 2015 in Learning and Learning Theory. The result of correlation analysis show Sig. (2-tailed) of 0,000 <0.05 with Pearson Correlation value of 0.253 (positive value) so that Ha is accepted. The contribution of intellectual intelligence to learning outcomes in this study is 6.4%. Therefore, students as prospective teachers are expected to improve their intellectual intelligence so that the learning process can be implemented optimally so that the impact on the results of good learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. 2). Drs. Djunaedi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 05:48 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 05:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27230 |
Actions (login required)
View Item |