PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK COMPACT DISK (CD) INTERAKTIF DENGAN TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP

RIZQI MAULANA, . (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK COMPACT DISK (CD) INTERAKTIF DENGAN TEORI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0 - COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
1 - LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
3 - ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
4 - KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5 - DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
6 - DAFTAR TABEL.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Lamp 1 - Kisi Kisi Instrumen AK Siswa.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Lamp 2 - Kuesioner AK Siswa.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Lamp 3 - Hasil Kuesioner AK Siswa.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Lamp 4 - Kisi Kisi Instrumen AK Guru.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Lamp 5 - Kuesioner AK Guru.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Lamp 6 - Hasil Kuesioner AK Guru.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Lamp 7 - GBIM.pdf

Download (76kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
TENTANG PENULIS.pdf

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif sesuai teori pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran matematika, khususnya pada materi lingkaran untuk kelas VIII SMP. Berdasarkan wawancara kepada siswa kelas IX tentang materi yang sulit dipahami pada kelas VIII Semester Genap adalah Lingkaran, maka penulis melanjutkan dengan membuat analisis kebutuhan masalah pada kelas VIII Semester Genap. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa penelitian ini diperlukan agar menghasilkan media pembelajaran pada materi lingkaran kelas VIII dengan penyajian yang menarik dan interaktif. Pengembangan media ini menggunakan program Adobe Flash CS 5. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari lima tahap. Tahap pertama yaitu analisis kebutuhan dan diketahui bahwa materi lingkaran merupakan materi yang dibutuhkan siswa kelas VIII untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran interaktif. Tahap kedua yaitu pengembangan produk dengan membuat jabaran materi, storyboard, dan membuat media ini dengan menggunakan Adobe Flash CS 5. Tahap ketiga yaitu validasi ahli yang terdiri dari ahli materi dan bahasa serta ahli media. Ahli materi dan bahasa serta ahli media melibatkan dosen dan guru yang kompeten di bidangnya. Tahap keempat yaitu uji coba lapangan skala kecil dengan mengambil sembilan siswa sebagai responden. Tahap kelima yaitu uji coba lapangan skala besar yang melibatkan tiga guru bidang studi matematika dan empat puluh siswa. Kelima tahap tersebut dilakukan secara berurutan sehingga menghasilkan produk akhir. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif pada materi lingkaran sesuai teori pembelajaran konstruktivistik untuk kelas VIII yang telah dinyatakan baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kelayakan ini ditunjukkan oleh hasil analisis ahli materi dan bahasa yang memberi penilaian sangat baik untuk aspek kesesuaian dengan SK dan KD, kebenaran substansi materi dan merangsang keingintahuan. Hasil analisis ahli media juga memberi penilaian sangat baik untuk untuk aspek tampilan. Begitu pun pada hasil uji coba skala kecil, dan uji coba guru, keduanya memberi penilaian sangat baik untuk media yang dikembangkan kecuali pada uji coba skala kecil hanya mendapat penilaian baik untuk aspek suara. Hasil uji coba skala besar memberi penilaian sangat baik untuk semua aspek. Berdasarkan semua hasil tersebut maka media yang dikembangkan ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Makmuri, M.Si. ; 2). Med Irzal, M.Kom.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 13 Jan 2020 10:16
Last Modified: 13 Jan 2020 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2725

Actions (login required)

View Item View Item