PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA INDONESIA YANG MENJALANI STUDI DI LUAR NEGERI

SETYORINI BUDIASTUTI, . (2016) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA INDONESIA YANG MENJALANI STUDI DI LUAR NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LAMPIRAN AKHIR.pdf

Download (724kB)
[img] Text
LAMPIRAN AWAL.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
SETYORINI BUDIASTUTI BAB 4.pdf

Download (650kB)
[img] Text
SETYORINI BUDIASTUTI BAB 5.pdf

Download (99kB)
[img] Text
SETYORINI BUDIASTUTI BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
SETYORINI BUDIASTUTI BAB 2.pdf

Download (277kB)
[img] Text
SETYORINI BUDIASTUTI BAB 3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan sosial dengan prestasi akademik pada mahasiswa Indonesia yang menjalani studi di luar negeri.Hal ini disebabkan banyaknya mahasiswa internasional yang dikeluarkan dari universitasnya karena nilai akademis yang memburuk. Dukungan sosial dianggap mampu menurunkan permasalahan psikologis seperti depresi, kecemasan dan stressyang biasa didapat dari proses akade mik. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur skala psikologi.Penelitian ini menggunakan instrumen yang diadopsi, yaitu Multidimensional Perceived Social Support.Prestasi akademik diukur dengan IPK (Indeks Prestasi Akademik) mahasiswa.Sampel penelitian ini adalah 67 subjek penelitian yaitu mahasiswa Indonesia yang menjalani studi di luar negeri dengan teknik pengambilan sampel insidental.Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis regresi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah F = 0,533, p = 0,48> 0,05 dapat disimpulkanbahwa Ho diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi dukungan sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa Indonesia yang menjalani studi di luar negeri. This research aims to find the influence of perceived social support toward academic achievement of Indonesian student who study abroad. This is due to the many international students are expelled from university because their academic score is low. Social support is considered able to reduce psychological problems such as depression, anxiety and stresswhich is obtained from the academic process. Researcher used quantitative scale methods of psychology. Researcher used adopted instrument, namely Multidimensional Perceived Social Support to measured perceived social support. For measured student academic achievement used GPA (Grade Point Average). There are 67 samples of the Indonesian students who studied abroad with technique used incidental sampling. The data processing used in the testing of hypotheses analytic regression. The results obtained from this study is F = 0,533, p = 0,48 > 0,05 it conclude that Ho received, which means there is no significant influence between perceived social support toward academic achievement of Indonesian students who study abroad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Herwanto, M. Si. 2). Lussy Dwiutami Wahyuni, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:50
Last Modified: 21 Apr 2022 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27319

Actions (login required)

View Item View Item