MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DI KELAS IV SDN MENTENG ATAS 05 PAGI

SISKA YULIA SARI, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DI KELAS IV SDN MENTENG ATAS 05 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (225kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (248kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (123kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK .pdf

Download (309kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
10. BAB III(1).pdf

Download (583kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (453kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
15. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (217kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester 2 tahun 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sebagian besar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: kemampuan pemecahan masalah matematika dalam penyelesaian masalah pecahan mengalami peningkatan dari siklus I 59.38% dan pada siklus II mencapai 84.38%. Keterlaksanaan pendekatan RME juga meningkat dari siklus I persentase perolehan guru sebesar 77.78% dan perolehan siswa sebesar 77.47%, siklus II persentase perolehan guru sebesar 93.05% dan perolehan siswa sebesar 92.65%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi. This research aims to determine whether there is improving mathematical problem solving ability throught RME approach (Realistic Mathematic Education) on 4th grade students of SDN Menteng Atas 05 Pagi. The subjects were 4 th grade students in the 2nd half of 2015/2016. This research was conducted using a model of Kemmis and Taggart cycle. Action research done in 2 cycles through a few of steps; planning, implementation, observation, and reflection as a basis for re-planning the next cycle. The results of this research are: mathematical problem solving ability have increased, got 59,38% on the first cycle and the second cycle reached 84,38% in the secon cycle. Implementated RME Approach also increased, from 77,78% teacher activity and 77,47% students activity in cycle I and reached to 93,05% teacher activity and 92,65% students activity in cycle II. It can be concluded that by using RME approach can improve mathematical problem solving ability on 4 th grade students of SDN Menteng Atas 05 Pagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. 2). Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:21
Last Modified: 21 Apr 2022 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27342

Actions (login required)

View Item View Item