WINDY NUR AFRIANI, . (2017) RESPON SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA PKM UNJ DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. surat pernyataan.pdf Download (173kB) |
|
Text
4. KUMPULAN PERINTILAN.pdf Download (488kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text
1. cover.pdf Download (40kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (366kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
Text
10. C. HASIL WAWANCARA SISWA dan PAMONG.pdf Download (195kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (196kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (795kB) |
|
Text
10.D. FOTO KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU PKM PAI.pdf Download (303kB) |
|
Text
11. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (30kB) |
|
Text
10.B. REVISI ANGKET.pdf Download (186kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
10.A. Pedoman Wawancara Terstruktur.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Respon siswa dalam menanggapi kemampuan Mahasiswa PKM mengajar pendidikan agama Islam baik dari pelaksanaan prosedur pengajaran dan hubungan pribadi guru dengan siswa. Penelitian ini menggunakan teori Ahmadi yang mengemukakan bahwa Respon adalah persetujuan atau ketidaksetujuan terhadap sesuatu. Yang terbagi menjadi 2 yaitu, Respon Positif dan Negatif. Selanjutnya, menggunakan indikator respon dari Sardiman yang terbagi menjadi 5. Untuk mengetahui kemampuan seorang guru, peneliti menggunakan teori dari Achmad Badawi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang menjadikan siswa sebagai Informan sumber melalui Observasi, Angket/Kuisioner, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Respon Siswa terhadap Kemampuan Mahasiswa Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) UNJ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 31 Jakarta. Yakni, pada butir yang menjadi dominan tinggi mendapatkan Respon Positif dari siswa dalam kemampuan guru PKM PAI memberikan video atau film pendek pada pembelajaran PAI dan dalam memanfaatkan media ICT (email) dengan hasil 70%-75%. Respon Siswa terhadap Kemampuan Guru PKM PAI menggunakan alat peraga saat menyampaikan materi menjadi cukup dominan mendapatkan Respon Positif adanya alat peraga memudahkan siswa untuk memahami isi dari materi yang diajarkan oleh guru PKM. Respon Siswa terhadap Kemampuan Guru PKM PAI dalam menggunakan metode pembelajaran menjadi cukup dominan mendapatkan Respon Positif. Respon Negatif dari siswa terdapat dalam butir pernyataan yang mendapatkan hasil sekitar 40% sampai 55% ini yang menjadi kurang dominan yang menurut siswa Kemampuan dan Keterampilan Guru PKM PAI masih kurang dalam memberikan serta melaksanakannya dalam pembelajaran. This study was conducted to find out how the response of students in response to the ability of PKM Students to teach Islamic religious education both from the implementation of teaching procedures and personal relationships of teachers with students. This study uses Ahmadi theory which suggests that Response is approval or disapproval of something. Which is divided into 2 namely, Positive and Negative Response. Next, use indicator response from Sardiman which is divided into 5. To know the ability of a teacher, researcher use theory from Achmad Badawi. The method used is descriptive qualitative method that makes the student as source informant through Observation, Questionnaire / Questionnaire, Interview and Documentation. The result of this research is Student Response to Student Ability of Practice of Teaching Skill (PKM) UNJ in Learning Islamic Religious Education at SMAN 31 Jakarta. Namely, in the grains that become dominant high get Positive Response from students in the ability of teachers PKM PAI provide video or short film on learning PAI and in utilizing the media ICT (email) with the results of 70% -75%. Student Response to Teacher's Ability PKM PAI uses props when delivering material becomes dominant enough to get Positive Response the existence of props make it easier for students to understand the content of the material taught by PKM teachers. Student Response to Teacher's Ability PKM PAI in using learning method become quite dominant get Positive Response. Negative responses from students are contained in the statement items that get the results of about 40% to 55% of this which becomes less dominant according to students Ability and Skills Teachers PKM PAI is still lacking in providing and implementing it in learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Rihlah Nur Aulia, M.A, 2) Dr. Amaliyah, M.Pd, |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:11 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 14:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27443 |
Actions (login required)
View Item |