STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKSI SOSIAL UNTUK PESERTA DIDIK AUTISME KELAS III SDLB DI SLBN 7 JAKARTA TIMUR

SYAH ZINAN AULIA, . (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKSI SOSIAL UNTUK PESERTA DIDIK AUTISME KELAS III SDLB DI SLBN 7 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. surat keaslian skripsi.pdf

Download (625kB)
[img] Text
2. lembar persetujuan.pdf

Download (739kB)
[img] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (170kB)
[img] Text
3. Lembar abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (100kB)
[img] Text
6. daftar isi, daftar tabel, daftar lampiran.pdf

Download (198kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (439kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
22. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)
[img] Text
23. DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN.pdf

Download (648kB)
[img] Text
21. surat penelitian.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai strategi pembelajaran interaksi sosial kelas III SDLB di SLBN 7 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu kelas III SDLB. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Strategi pembelajaran interaksi sosial dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran interaksi sosial secara tersirat masuk ke dalam mata pelajaran reguler. Tidak ada materi pembelajaran khusus untuk pembelajaran interaksi sosial, dan tidak ada strategi pembelajaran interaksi sosial khusus yang diberikan kepada peserta didik autisme. Oleh karena itu, guru sebaiknya merancang strategi pembelajaran khusus kepada peserta didik autisme untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial secara maksimal. The research of descriptive qualitative aimed to dig up information on strategies of learning social interaction in SDLB SLBN 7 grade 3, East Jakarta. Subjects of this research consisted of one subject of SDLB grade 3. The method used is descriptive method with qualitative approach. The data collection is done by observation, interviews, documentation and analyzed by using the model of Miles and Huberman. strategies of learning social interaction is done from the planning, implementation, and evaluation. Results showed activity learning social interaction implicit into the regular lessons. No specific learning materials for learning social interaction, and no special social strategies of learning social interaction given to students with autism. Therefore, teachers should design specific learning strategies to students with autism to improve social interaction skills to the fullest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini Purnamawati, M.Sp.Ed. 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:31
Last Modified: 22 Apr 2022 00:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27476

Actions (login required)

View Item View Item