PEMBELAJARAN PUKULAN LOB PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MENGGUNAKAN RAKET MINI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 252 JAKARTA

MUHAMMAD RAMADHAN PRIYAWI, . (2014) PEMBELAJARAN PUKULAN LOB PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MENGGUNAKAN RAKET MINI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 252 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Daftar Isi.doc.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Ringkasan dan Kata Pengantar.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis dilapangan,mengenai materi pukulan lob. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk Pembelajaran pukulan lob permainan bulutangkis dengan menggunakan raket mini pada siswa kelas VII SMP Negeri 252 Jakarta. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan pukulan lob dengan penggunaan media raket mini. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 252 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas 7 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa,yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak II siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan siklus I yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan menggunakan raket mini memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa belum paham akan konsep pukulan pukulan lob permainan bulutangkis, contohnya siswa masih melakukan gerakan pukulan lob tidak dengan meluruskan lengan sepenuhnya, 2) siswa belum paham cara memegang raket pada saat melakukan pukulan lob permainan bulutangkis, 3) siswa belum percaya diri pada saat melakukan gerakan pukulan lob permainan bulutangkis. Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan menggunakan raket mini memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa mulai memahami konsep dasar pukulan lob permainan bulutangkis, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakan pukulan lob blutangkis dengan baik, 2) siswa dapat melakukan tahapan-tahapan pukulan lob bulutangkis dengan baik, 3) motivasi dan percaya diri siswa meningkat pada saat melakukan pukulan lob bulutangkis. Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran pukulan lob Bulutangkis dengan menggunakan raket mini, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak pukulan lob bulutangkis. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sudarso. M.Pd. ; 2). Khaeroni. M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:17
Last Modified: 25 Apr 2022 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27523

Actions (login required)

View Item View Item