KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN (Studi Kualitatif di PAUD Mawar Merah 01 Pondok Kopi, Jakarta Timur)

TITIN SUPRIHATIN, . (2016) KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN (Studi Kualitatif di PAUD Mawar Merah 01 Pondok Kopi, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(a) COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
(c) ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
(d) ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (150kB)
[img] Text
(e) SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
(b) LEMBAR PENGESAHAN SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
(j) BAB II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
(f) LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
(h) DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
(i) BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
(g) KATA PENGANTAR SKRIPSI FIX.pdf

Download (69kB)
[img] Text
(n)DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
(k) BAB III .pdf

Download (116kB)
[img] Text
(m) BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
(l) BAB IV .pdf

Download (433kB)
[img] Text
(x) DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan bicara anak usia 3-4 tahun di Mawar Merah 01, meliputi kemampuan bicara anak, peran guru dalam proses pembelajaran, dukungan orang tua dalam kemampuan bicara anak. Penelitian dilaksanakan di PAUD Mawar Merah 01 Pondok Kopi, Jakarta Timur. Penelitian ini difokuskan pada kelas PAUD A (usia 3-4 tahun) dengan menggunakan metode deskriptif, pada bulan Mei-Juni 2016. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Kemampuan bicara anak masih belum berkembang secara optimal karena kurang rangsangan atau kurang stimuli, baik dari dalam diri anak sendiri maupun dari lingkungan. (2) peran guru dalam proses pembelajaran hanya melakukan kegiatan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman turun temurun saja. Hal ini terjadi karena pengetahuan guru tentang materi, metode pendekatan dan media sangat terbatas. Guru mengajar hanya untuk memenuhi kewajiban tugas saja. Guru kurang memperhatikan minat anak sehingga anak merasa belajar itu dipaksakan dan membosankan. (3) dukungan orang tua dalam mengembangkan kemampuan bicara anak masih kurang maksimal. Orangtua kurang berkomunikasi baik dengan anak maupun dengan pihak sekolah, sehingga orang tua kurang mengetahui perkembangan anaknya. Hal ini terjadi karena waktu yang dimiliki orang tua lebih banyak digunakan untuk bekerja dibandingkan mendampingi anak karena orang tua dituntut bekerja untuk memenuhi ekonomi keluarga. The aim of this research is to reveal and to describe speaking ability children of 3-4 year old at PAUD Mawar Merah 01, in which including child’s speaking ability, teacher’s role in learning process, parent’s support in child’s speaking ability. This research was held in PAUD Mawar Merah 01 Pondok Kopi, Jakarta Timur. This research was focused in PAUD A class (3-4 year old) by descriptive method, on May-June 2016. The data was collected through interview, observation, and documentation. Data analysis used is Miles and Huberman through reduction data, display data and verification. The results are (1). Child’s speaking ability has not yet developed optimally, due to lack of stimulation either from his own or from parenthood. (2) teacher’s role in learning process is only based on knowledge of naturally derived from parenthood. This is because of teacher’s knowledge, method and media are only a few. They teach just to assign their job. They set aside child’s interest so as children feel bored. (3) no maximum parent’s support to develop child’s speaking ability. Parent’s did not build well communication either with children or school committee so as they lack of child’s development. This is because parents have to earn a living and have not much time to stay beside their children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yasmin Faradiba, M. Pd. 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:14
Last Modified: 22 Apr 2022 07:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27597

Actions (login required)

View Item View Item