KONSEP PENDIDIKAN ISLAM KH ABDULLAH BIN NUH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN

RUDI MAHFUDIN, . (2017) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM KH ABDULLAH BIN NUH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak b.arab Rudi.pdf

Download (279kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (281kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV 2017.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB V new.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I new YI.pdf

Download (0B)
[img] Text
bab II new'''.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III 2017.pdf

Download (258kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
Image
lembar pernyataan ttd.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpeg

Download (954kB) | Preview
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Surat Pernyataan, Lembar Pengesahan, Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh dan relevansinya dengan pendidikan Islam modern saat ini. KH Abdullah bin Nuh merupakan salah satu ulama Nusantara dan yang sangat berpengaruh didalam dunia pendidikan Islam. Selain aktif menulis dan berkarya KH Abdullah bin Nuh juga sangat memperhatikan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Metode penulisan yang digunakan adalah deskriptif menjelaskan konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh dengan data yang diperoleh melalui Studi kepustakaan dan melakukan wawancara kepada orang terdekat mengenai konsep pendidikan Islam yang KH Abdullah bin Nuh miliki. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menambah wawasan dan khazanah mengenai konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh, agar konsep pendidikan Islam bisa dijadikan acuan dan dapat dikombinasi dengan pendidikan Islam yang sudah ada di Indonesia. Dan membuktikan bahwa konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh masih relevan untuk dibahas dan mungkin dapat digunakan sebagai pedoman konsep pendidikan Islam Indonesia. Konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh meliputi Tujuan pendidikan Islam, Metode, Materi, Guru, Manajemen Pendidikan, Bentuk pendidikan, Evaluasi dan Kelebihan dan kekurangan konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh. Konsep pendidikan Islam KH Abdullah bin Nuh masih relevan dengan konsep pendidikan Islam saat ini karena mengacu pada AL Qur’an. Selain itu terkait dengan karakteristik pendidikan Islam, KH Abdullah bin Nuh juga menaruh perhatiannya terhadap lulusan yang memiliki Akhlak yang baik dan menguasai ilmu pengetahuan dan Teknologi dan juga beliau tidak mengkotomi antara pendidikan Islam dengan pendidikan umum. This research discusses KH. Abdullah bin Nuh’s thoughts on Islamic education and it’s relevance with modern Islamic education in present day. KH Abdullah bin Nuh is one of Nusantara’s scholar who has a significant role in Islamic education. Beside that, he is also concerned with the improvement of Islamic education in Indonesia and vigorously wrote about education. The research method that is used in this research is descriptive method aiming to elaborate the concept of Islamic education according to KH Abdullah bin Nuh using data gathered through literary study and in-depth interview with key respondents. The objective of this research is to increase insight about Islamic education of KH. Abdullah bin Nuh in order to recommend it as reference and to make it applicable with current Islamic education in Indonesia. This proves that KH. Abdullah bin Nuh’s thoughts on Islamic education remain relevant to discuss and probably could become alternative recommandation to the development of Indonesian Islamic education. The educational thoughts of KH. Abdullah bin Nuh include the objective of Islamic education, method, contents, teacher, management of education, form of education, evaluation, and the strengths and weaknesses of Islamic education. The educational thought of KH. Abdullah bin Nuh is still relevant with education condition in present day since it is based on Quranic values. Regarding to the characteristics of Islamic education, KH. Abdullah bin Nuh is also concerned with the moral and knowledge of the graduates including their knowledge of technology. He does not make any difference between Islamic education and modern education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, MA, Ph.D. 2). Yusuf Ismail M.Ag.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:10
Last Modified: 26 Apr 2022 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28088

Actions (login required)

View Item View Item