EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS HURUF KATAKANA (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Cibinong Tahun Ajaran 2016/2017)

PUSPA KIRONO SEJATI, . (2017) EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS HURUF KATAKANA (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Cibinong Tahun Ajaran 2016/2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak Jepang.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Abstrak Indo.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (21kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB)

Abstract

Menulis huruf merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dirasa sulit bagi pembelajar asing bahasa Jepang tingkat pemula. Hal tersebut dikarenakan huruf pada bahasa Jepang memiliki keistimewaan yang terletak pada aturan penulisan tersendiri yang berbeda dengan huruf-huruf lainnya. Menulis huruf katakana merupakan keterampilan yang cukup sulit dirasakan oleh pembelajar tingkat pemula. Maka dari itu, diperlukan suatu strategi pembelajaran untuk dapat menunjang pembelajaran menulis huruf katakana di kelas. Salah satu variasi strategi pembelajaran yang dirasa dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis huruf katakana adalah strategi example non example. Kelebihan yang dimiliki oleh strategi example non example untuk mengasah daya berpikir kritis siswa dalam menganalisis gambar, dapat mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar, dan memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapat membuat siswa dapat membangun konsep materi sehingga dapat lebih memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas cooperative learning strategi example non example dalam pembelajaran menulis huruf katakana dan untuk mengetahui respon siswa mengenai penggunaan cooperative learning strategi example non example dalam pembelajaran menulis huruf katakana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah SMAN 1 Cibinong tahun ajaran 2016/2017 dengan sampelnya seluruh siswa X MIPA 6 yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa pretest dan posttest dan juga angket tertutup. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi example non example dalam pembelajaran menulis huruf katakana di SMAN 1 Cibinong terdapat nilai rata-rata pretest sebesar 46,23 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,46 sehingga terdapat perbedaan rata-rata sebesar 38,23. Hasil penelitian berdasarkan pada taraf signifikansi 5% pada derajat kebebasan (db) = 76 maka dapat didapatkan ttabel sebesar1,99 dan thitung sebesar 12,82 sehingga thitung lebih besar daripada ttabel (thitung ≥ ttabel) dengan demikian Hk diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa cooperative learning strategi example non example efektif dalam pembelajaran menulis huruf katakana. Writing Katakana is one of language skill that hard to mastered for beginner of Japanese language learner. The cause is Japanese character have a unique rule which is different from the other language, the writing steps. Writing katakana is an ability that hard enough to mastered by the beginners. Because of that a learning strategy is needed and applied it in the writing katakana’s class. One of the variation of learning strategy is example non example strategy. Plus point that example non example have is help learner to thinking critically in analyze a picture, can understand the matter of application in a picture form and give students a chance to speak up their opinion. The purpose of this experiment is to know how effective is cooperative learning with example non example strategy in writing katakana’s learning and to know how the students response of the use of this strategy. The experiment method that used in this experiment is One Group Pretest-Posttest Design method. The population in this experiment are X MIPA 6 of Senior High School 1 Cibinong 2016/2017 with 39 students inside. The instrument that used in this experiment are pretest and posttest, and closed survey. Based on the analysis of experiment data, can be conclude that using example non example strategy in the writing katakana learning in X MIPA 6 of Senior High School 1 Cibinong, pretest mean score is 46,23 and posttest mean score 84,46. Because of that data difference is 38,32. This experiment outcome based on 5% of the significant level in …..degree =76, so ttabel is 1,99 dan tcount 12,82, and it can be said if tcount higher than ttabel, so it can be concluded that Hk is approved and Ho is denied and this strategy is effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nia Setiawati, M.Pd. 2). Komara Mulya, M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Apr 2022 05:41
Last Modified: 27 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28337

Actions (login required)

View Item View Item