MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE DI KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

DELVI ELWUAR, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE DI KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAC+BAHASA+INGGRIS.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR+ISI+delvi.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB+II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR+LAMPIRAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB+III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB+I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
SURAT+PERNYATAN+KEASLIAN+SKRIPSI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LEMBAR+PERSEMBAHAN+delvi.pdf

Download (4kB)
[img] Text
BAB+IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA+PENGANTAR.pdf

Download (104kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR+PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa Kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan April sampai dengan bulan Juni 2015 semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair-Share terhadap siswa kelas V tentang peristiwa alam yang terjadi di inodenesia. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil belajar IPA baru mencapai 66,66% dari jumlah siswa sebanyak 24 belum mencapai ≥ 70. sedangkan pada siklus II mencapai 87,5% dari jumlah siswa sebanyak 24 sudah mencapai skor hasil belajar ≥70.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang peristiwa alam yang terjadi di indonesia di kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa jika dalam proses pembelajaran IPA di kelas diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share maka hasil belajar IPA siswa akan meningkat. *******This classroom action research aims to analyze the improvement of Learning Outcomes Learning Science Through cooperative mode Think-Pair-Share in Class V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi, South Jakarta. When the study was conducted from April to June 2015 in the second semester of academic year 2014 / 2015. This research aims to improve science learning outcomes through cooperative learning Think-Pair-Share to fifth grade students about natural events that occurred in indonesia. The subjects were students of class V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi, South Jakarta, amounting to 24 students. This research was conducted as much as two cycles. Each cycle using procedures that action planning, action, observation, and reflection. Evaluation results prove, after the action on the first cycle of learning outcomes science reached 66.66% of the total number of students as many as 24 have not reached ≥70. whereas in cycle II reached 87.5% of the total number of students has reached as much as 24 score ≥70 learning outcomes based on results of this study can be concluded that the implementation of cooperative learning model Think-Pair-Share in science teaching can improve learning outcomes science about natural events that occurred in Indonesia in class V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi, South Jakarta. Implications of the research is that if in the process of science teaching in the classroom applied cooperative learning model Think-PairShare, the learning science results of students will be increased.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A. R.Supriatna, M. Pd. ; 2). Drs. Sutrisno. M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 May 2022 02:21
Last Modified: 21 May 2022 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28552

Actions (login required)

View Item View Item