ERVI CAHYATRI, . (2015) PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI OUTBOUND DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING DI RW 06 KELURAHAN KEBON KOSONG KEMAYORAN - JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I-5 & DAPUS.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran ID, angket, pre test.pdf Download (62kB) |
|
Text
Lampiran kisi2 revisi print.pdf Download (39kB) |
|
Text
Lampiran post test.pdf Download (24kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
|
Text
Lampiran foto dan data RW.pdf Download (1MB) |
|
Text
lembar PERSETUJUAN.pdf Download (9MB) |
|
Text
New unit program I dan II.pdf Download (155kB) |
|
Text
Lampiran TABEL ANALISIS PRE&POST TEST FIX.pdf Download (177kB) |
|
Text
Lembar Judul.pdf Download (30kB) |
|
Text
riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan outbound dengan menggunakan pendekatan experiential learning terhadap peningkatan pengetahuan memberdayakan masyarakat. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah Pengurus RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen , dimana perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini adalah kegiatan outbound dengan menggunakan pendekatan experiential learning. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dengan jenis penelitian kuantitatif dengan mendeskripsikan dan analis data dengan nilai rata-rata. Hasil dari penerapan kegiatan outbound dengan menggunakan pendekatan experiential learning ini diperoleh melalui pre test dan post test terhadap peserta kegiatan, maka diperoleh nilai rata-rata dari uji pemahaman pemberdayaan masyarakat pada pre test sebesar 66,7 poin dari 25 item soal yang diujikan dan pada post test terjadi kenaikan sebanyak 18,3 poin yaitu mencapai nilai rata-rata 81,6. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penerapan kegiatan outbound dan menggunakan pendekatan Experiential Learning memiliki peningkatan tentang pengetahuan pemberdayaan masyarakat kepada Pengurus RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. *********** *This experimental study aims to determine the effect of outbound activity by using experiential learning approaches to increasing knowledge empowers people. Population and sample in this research is the Governing RW 06 Kebon Kosong, Kemayoran, Central Jakarta as many as 30 people. Sampling using saturated sample. This research was conducted with the experimental method, in which the treatment is done in this study is outbound activities using experiential learning approaches. Collecting data in this study using questionnaires, observations and test results of learning. Data analysis technique used is the technique of analysis with quantitative research to describe and data analysts with an average value. Results from the application of outbound activities using experiential learning approaches are obtained through a pre-test and post-test against the participants of activities, then the average values obtained from tests understanding of community empowerment at 66.7 points pre test of 25 questions that tested item and the post test an increase of as much as 18.3 points, reaching an average value of 81.6. This study came to the conclusion that the implementation of the activities of outbound and Experiential Learning approach have an increased knowledge about community empowerment for the Management of RW 06 Kebon Kosong, Kemayoran, Central Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Hafid Abbas ; 2). Dr. Anan Sutisna, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2022 06:01 |
Last Modified: | 23 May 2022 06:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28621 |
Actions (login required)
View Item |