PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Babelan Kota 04 Kabupaten Bekasi)

HASANAH, . (2015) PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Babelan Kota 04 Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4 Abstract.pdf

Download (133kB)
[img] Text
3 Abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (356kB)
[img] Text
9 BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
8 DAFTAR IS1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
1 COVER.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menemukan cara meningkatkan konsep diri siswa dalam pembelajaran matematika melalui model problem based learning di kelas IV SDN Babelan Kota 04 Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Babelan Kota 04 Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Penelitian berlangsung pada semester II Tahun Ajaran 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh saat proses pembelajaran melalui model problem based learning pada siklus I hasil konsep diri siswa dalam pembelajaran matematika yang diperoleh sebesar 63,33%, sedangkan pada siklus II hasil konsep diri siswa dalam pembelajaran matematika yang diperoleh sebesar 93,33% dari jumlah siswa yang mencapai skor konsep diri 90 dengan skor secara teoretik berkisar antara 30-120. Hasil instrumen pemantau tindakan guru dan siswa yaitu 70% pada siklus I, dan 100% pada siklus II. Dengan demikian model problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan konsep diri siswa dalam pembelajaran matematika, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor pencapaian pada tiap pertemuan. ************** This research is a classroom action research that aims to find ways to improve self-concept of students in learning mathematics through problem based learning models in class IV SDN Babelan Kota 04 Bekasi. This study was conducted in SDN Babelan Kota 04 Bekasi. Subjects in this study were fourth grade students totaling 30 students. The research took place in the second semester Academic Year 2014-2015. The results show the data obtained during the learning process through problem-based learning models in the first cycle of self-concept results of students in mathematics learning acquired 63.33%, while in the second cycle students' self-concept results in mathematics were obtained at 93.33% of the number of students who achieve self-concept scores ≥ 90 with the score theoretically range between 30-120. Results of monitoring instruments of action of teachers and students is 70% in the first cycle and 100% in the second cycle. Thus the model of problem-based learning is a learning model that can be used by teachers to improve students' self-concept in mathematics, it is evidenced by an increase in the percentage of achievement scores at each meeting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:20
Last Modified: 25 May 2022 03:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28670

Actions (login required)

View Item View Item