MENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK (LISTENING SKILL) BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di SDS Laboratorium PGSD UNJ Setiabudi Jakarta Selatan)

INTAN WIDYAWATI, . (2015) MENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK (LISTENING SKILL) BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di SDS Laboratorium PGSD UNJ Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4 .SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (132kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (844kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan listening skill bagi siswa/I kelas V SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan melalui media audio-visual. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2015 di SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan dan dilakukan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data untuk listening skill yang dimiliki siswa adalah dengan melakukan tes tertulis listening skill. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa listening skill yang dimiliki oleh siswa dapat meningkat melalui media audio-visual yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Pada tiap siklus terlihat kenaikan yang sangat signifikan. Pada pretest persentase listening skill siswa yang memperoleh nilai ≥68 adalah sebesar 8,1%, akhir siklus I sebesar 32,22%, dan akhir siklus II sebesar 73,33%, sehingga hipotesis tindakan diterima. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran listening skill melalui media audio-visual dapat meningkatkan listening skill yang dimiliki oleh siswa. Implikasi penelitian ini adalah bahwa media audio-visual dapat dijadikan sebagai salah satu media yang dalam kegiatan listening skill, dengan media audio-visual dapat meningkatkan listening skill yang dimiliki oleh siswa melalui kegiatan mendengar, mengingat, memahami, serta penguasaan kosakata dan tata penulisan The Purpose of this research was This improvement from listening skills aspect for the fifth grade students in SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi, South Jakarta through audio-visual media. This research was held on April until May 2015 in SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi, South Jakarta and carried out by using the model cycle Kemmis and McTaggart. Data collection techniques for the listening skills of the students is to do a written test listening skills. Results of the data analysis in this study shows that listening skills possessed by the students can be increased through audio-visual media tailored to the learning material. At each cycle looks very significant increase. On listening skills pretest percentage of students who received grades ≥68 was 8.1%, the end of the first cycle of 32.22%, and the end of the second cycle of 73.33%, so the hypothesis is accepted measures. Thus, listening skills learning activities through audio-visual media can improve listening skills possessed by the students. The implications of this study is that the audio-visual media can be used as one of the media in the activities of listening skills, with audio-visual media can improve listening skills possessed by the students through the hearing, remembering, understanding, and mastery of vocabulary and grammar writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herlina, M.Pd ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 06:16
Last Modified: 25 May 2022 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28703

Actions (login required)

View Item View Item