UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN METODE BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA SISWA KELAS V DI SDN KARANG ASIH 06 KABUPATEN BEKASI

ANGGI FAIZAL, . (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN METODE BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA SISWA KELAS V DI SDN KARANG ASIH 06 KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstack anggi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Anggi_Bab 0.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Anggi_Bab 1.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Anggi_BAB 5.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Anggi_Bab 2.pdf

Download (0B)
[img] Text
Anggi_Bab 3.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Anggi_Bab 4.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Anggi_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang-bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola voli sebagai kolaborator. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimulai pada tanggal 18 Juli 2017 sampai tanggal 25 Juli 2017, dan jadwal mengajar setiap hari Selasa pukul 08.00 WIB. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah 76. Perubahan atau peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan metode bermain lempar tangkap bola dapat dilihat pada hasil penilaian proses passing bawah bola voli. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1). Masih banyak siswa yang belum paham akan teknik gerakan passing bawah. 2). Masih banyak siswa yang belum dapat melakukan passing bawah permainan bola voli dengan benar. Nilai ketuntasan siswa disiklus I mencapai 55%, akan tetapi walaupun sudah 50% lulus masih banyak siswa yang belum mendapatkan nilai di atas dari KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu 76. Kegiatan siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1). siswa dapat menguasai konsep pembelajaran passing bawah berpasangan permainan bola voli dengan baik dan benar, 2) siswa dapat melakukan tahapan passing bawah bola voli berpasangan dengan benar. 3) seluruh siswa dapat menjelaskan dan mempraktikan cara gerakan passing bawah permainan bola voli dengan benar. Dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dalam hasil belajar menggunakan metode bermain lempar tangkap bola, tes awal nilai rata-rata siswa 67,91, siklus I nilai rata-rata siswa 75,20 dan siklus II nilai rata-rata siswa 86,24. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas sejumlah 9 siswa (22,5%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas 22 siswa (55%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 40 siswa (100%). The objective of this research was to improve students’ learning outcome in learning bump passing mini volleyball. This research conducted in SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi. The method of this research was classroom action research. The implementation of this action research involved expert in the field of physical education especially volleyball as collaborator. The research did in 2 cycles that consisted of cycle I and cycle II. It started from July 18th, 2017 to July 25th, 2017. The schedule of the teaching was every Tuesday at 8 a.m. The minimum criteria were 76. It was set by SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi. The improving students’ ability in learning bump passing volleyball by using the method of playing catch-throwing ball could be seen on the assessment of the bump passing process the volleyball. The first cycle showed the result as followed: 1). Many students who still did not understand about the bump passing technique. 2). Many students who still could not play the bump passing technique of volleyball correctly. The students’ minimum score in cycle I was 55%. Although 50% of students passed the criteria, many students who had not get the score based on the minimum criteria that was set by the school. The activity in the second cycle that did by action II got the result as followed: 1). Students could master the concept of learning bump passing volleyball pairs well and correctly. 2). Students could do the stage of bump passing volleyball pairs correctly. 3). All of the students could explain and practice the way of bump passing volleyball correctly. The result of the research showed that the students’ learning outcome improved by using the method of playing catch-throwing ball. In the first test, the students average score were 67, 91. In the cycle I, the students’ average score were 75, 20 and in the cycle II the students’ average score were 86, 24. In the first test, there were 9 students (22, 5%) who passed the minimum criteria, in the cycle I, there were 22 students (55%) who passed the minimum criteria, and in the cycle II there were 40 students (100%) who passed the minimum criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 06:01
Last Modified: 25 May 2022 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28949

Actions (login required)

View Item View Item