MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 97 JAKARTA TIMUR

APRISAL AFGANI, . (2017) MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 97 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
RINGKASAN,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Variasi dengan permainan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli melalui bentuk-bentuk permainan yang sasaran dalam penelitian ini adalah kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini adalah Model Pembelajaran Variasi permainan untuk meningkatkan hasil passing bawah bola voli, melalui bentuk-bentuk permainan yang sudah divalidasi oleh dosen ahli , dan sasaran peneliti adalah kelas VII dengan memikirkan karakteristik siwa-siswi nya. Dengan tahap model desain penelitian dan pengembangan. Tujuan dalam pembelajaran ini, khusus peneliti adalah siswa-siswi mampu meningkatkan hasil pembejaran passing bawah bola voli dengan menggunakan model permainan yang telah peneliti kembangkan dengan 25 model permainan yang sudah valid dan reliabel sehingga pengembangan model pembelajaran passing bawah bola voli ini. Hasil perhitungan data hasil tes awal / pretest sampai menuju tes akhir posttest test selesai dilaksanakan dan didapat data tes awal sebagai berikut : nilai tertinggi 79, nilai terendah 36, nilai rata-rata 58,96 dan simpangan baku 2,10, setelah melalui proses pembelajaran menggunakan modelm permainan selama 3x pertemuan, maka di peroleh lah hasil tes akhir sebagai berikut: nilai tertinggi 83, nilai terendah 44, dan nilai rata-rata 74,11 dan simpangan baku 1,25 peningkatan yang sudah memenuhi standar kelulusan dengan siswa 32 siswa dari 36, dari uji t berpasangan yang di hitung telah didapat hasil perbadingan antara kedua tes awal prestest dan tes akhir pretest, t�hitung sebesar 8,30 dan t-hitung di konsultasikan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% diperoleh harga t-tabel sebesar 1,690. Berdasarkan hasil diatas diketahuin bahwa harga t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Harga t-hitung berada di daerah penolakan HO. dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima.dari hasil perhitungan tersebut , dapat disimpulkn bahwa hasil passing bawah bola voli yang di ajarkan menggunakan model permainan yang diterapkan di anak kelas VII di Smp 97 Jaktim mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan berupa observasi dan telaah pakar untuk menguji model pembelajaran yang telah peneliti buat, untuk mengukur seberapa valid atau layaknya model permainan yang telah dibuat maka diadakan nya uji validitas berupa justmen dan berupa angket untuk di validasi oleh para ahli. Validasi dilakukan agar mendapatkan model permainan yang layak digunakan oleh para siswa-siswi smp untuk di gunakan dalam pembelajaran passing bawah bola voli kelas VII,dan sesuai teori dan prinsip dalam teknik passing bawah bola voli, setelah ada validasi dimana tedapat revisi produk saran dan masukan para ahli tentang model permainan yang dibuat . dari 25 pemainan yang peneliti buat dinyatatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran passing bawah bola voli untuk meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah bola voli. Oleh karena itu model pembelajaran passing bawah melalui permainan sangat bagus dan baik untuk diterapkan di siswa-siswi kelas VII di SMPN 97 Jakarta Timur. Research to be achieved in this research is Variation Learning Model with game to improve passing ability under volleyball through game form which target in this research is class VII of Junior High School. This study is a Learning Model Variation of the game to improve the passing of the bottom of the volleyball, through forms of games that have been validated by expert lecturers, and the target researcher is a class VII with thinking about the characteristics of his students. With the model stage of research and development design. The purpose of this study, especially the researchers is that students are able to improve the passing under the volleyball by using game model that researchers have developed with 25 game models that have been valid and reliable so that the development of learning model passing under this volleyball. The result of the pretest / pretest test result data up to the final test posttest test is completed and the preliminary test data are as follows: highest score 79, lowest score 36, average score 58,96 and standard deviation 2,10, after going through the learning process Using the game model for 3x meetings, then the final test results are obtained as follows: highest score 83, the lowest value 44, and the average value of 74.11 and standard deviation 1.25 increase that already meets the standard of graduation with students 32 students from 36, from paired t test that has been calculated has obtained the comparison between the two prestest test and pretest end test, t-count of 8.30 and t-count in consult with t-table at 5% significance level obtained t-table price At 1.690. Based on the above results note that the price of t-count is greater than t-table. The t-count price is in the HO rejection area. Thus Ho is rejected and Hi accepted. From the results of these calculations, it can be concluded that the results of passing under volleyball that is taught using the game model applied in the seventh grade children in Smp 97 Jaktim has increased. Based on the results of research that has been done in the form of observation and expert review to test the learning model that researchers have made, to measure how valid or like the game model that has been made then held the validity test in the form of justmen and a questionnaire for the validation by experts. Validation is done in order to get the appropriate game model used by the smp students to be used in passing lessons under class VII volleyball, and according to the theory and principle in passing technique under volleyball, after validation where there is a revision of product suggestion and input of the Expert about the game model created. Of the 25 diagrams that the researcher made were valid and worthy of use in passing learning under volleyball to improve the learning outcomes of passing under the volleyball. Therefore the learning model of passing down through the game is very good and good to be applied in the students of class VII in SMPN 97 East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin M.Pd 2) Sujarwo, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 06:38
Last Modified: 25 May 2022 06:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28965

Actions (login required)

View Item View Item