INDRA RUKMANA, . (2017) PEMBELAJARAN PASSING DALAM PERMAINAN FUTSAL DENGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (562kB) |
|
Text
4. RINGKASAN & KATA PENGANTAR.pdf Download (273kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (33kB) |
|
Text
2. LEMBAR KOMISI PERSETUJUAN SIDANG.pdf Download (233kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (435kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Download (310kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (0B) |
|
Text
15. KISI-KISI PENILAIAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN 14 & 15.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. LAMPIRAN 11-13.pdf Download (204kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN 1-10.pdf Download (339kB) |
|
Text
18. SURAT PERMOHONAN IZIN PENELITIAN.pdf Download (301kB) |
|
Text
19. SURAT KETERANGAN DARI SEKOLAH.pdf Download (411kB) |
|
Text
20. JURNAL KASET.pdf Download (93kB) |
|
Text
16. SURAT KETERANGAN VALIDITAS 1.pdf Download (209kB) |
|
Text
17. SURAT KETERANGAN VALIDITAS 2.pdf Download (199kB) |
|
Text
23. LEMBAR PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (333kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis dilapangan, mengenai materi passing. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk Pembelajaran passing bola dalam permainan futsal dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan passing dengan gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 50 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa,yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak II siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan siklus I yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan gaya mengajar resiprokal sebagai berikut: 1) siswa belum paham akan konsep passing bola dalam permainan futsal, contohnya siswa masih melakukan gerakan passing bola menendang bawah bola, 2) siswa belum paham cara menendang dengan kaki tumpuan pada saat melakukan passing dalam permainan futsal, 3) siswa belum percaya diri pada saat melakukan gerakan passing bola dalam permainan futsal. Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan gaya mengajar resiprokal memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa mulai memahami konsep dasar gerakan passing bola dalam permainan futsal, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakan passing bola dengan baik 2) siswa dapat melakukan tahapan�tahapan passing bola dengan baik, 3) motivasi dan percaya diri siswa meningkat pada saat melakukan passing bola dalam permainan futsal. Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran passing bola futsal dengan gaya mengajar resiprokal, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak passing bola futsal. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Muchtar Hendra H., M. Pd 2) Sujarwo, M. Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 May 2022 20:12 |
Last Modified: | 27 May 2022 20:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29295 |
Actions (login required)
View Item |