DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN RELASIONAL PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN INTEGRAL DI KELAS XI IPS MAN 4 JAKARTA

NOVIANTI MULYANA, . (2015) DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN RELASIONAL PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN INTEGRAL DI KELAS XI IPS MAN 4 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK 200 KATA hasil sidang tesis.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Bab II 33-40 TIL Sidang Tesis.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II 10-15 Sidang Tesis.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I 1-9 Sidang Tesis.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Bab II 16-32 SidTes final editing.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Bab IV 142-154 Sidang Tesis final editing.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Bab II 41-54 HLB SidTes final editing.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB III 55-63 Sidang Tesis refisi final.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Bab IV 110-141 SidTes final editing.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Bab IV 64- 109 Sidang Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V 155- 162 SidTes final editing.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN Sidang Tesis.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS final editing.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI Sidang Tesis.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ttd_pengesahan.pdf

Download (245kB)
[img] Text
halaman judul Sidang Tesis.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 166-167 Sidang Tesis final editing.pdf

Download (298kB)

Abstract

Kalkulus adalah ranah dalam matematika yang disajikan di Sekolah Menengah Atas. Integral adalah salah satu pokok bahasan dalam kalkulus, namun penyajian Integral di MAN 4 Jakarta belum kontekstual dan kurang membangun pemahaman relasional. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan teori pembelajaran lokal dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk membangun pemahaman relasional peserta didik pada pokok bahasan Integral. Penelitian ini menggunakan metode Design Research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu persiapan dan desain, eksperimen mengajar, dan analisis retrospektif. Konteks yang digunakan adalah turunan fungsi, pemasangan wall paper, dan definisi fungsi. Analisis retrospektif menunjukkan bahwa penggunaan konteks, proses matematisasi, serta peran aktif peserta didik dan pendidik terbukti dapat membangun pemahaman relasional peserta didik, dengan konteks sebagai sarana berpikir mulai dari model of kemudian berubah ke model for. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan peserta didik dapat menjelaskan kebenaran dari proses dan hasil pekerjaannya. Calculus is a branch of mathematics that is studied in Senior High School. Integral is one of the subjects in Calculus, but the Instructional Design Approach of Integral in MAN 4 Jakarta is not contextual yet and lack of relational understanding development. The purpose of this research is to develop a Local Instructional Theory using RME as an Instructional Design Approach to Build Relational Understanding of Integral. This research is using Design Research Method which consists of three cyclic phases which are preparation and design, teaching experiment, and retrospective analysis. The contexts that are used in this research are the derivative of a function, hanging wall paper, and the definition of a function. The retrospective analysis shows that the context used, mathematical process, and the activity of the students and teacher proved to be able build students’ relational understanding, with contexts as the tools in thinking activities from model of to model for. The result of this research is proved by the ability of students to explain the correctness of the process and the results of his/her work.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M,Pd. ; 2). Dr. Pinta Deniyanti S.,M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 06:09
Last Modified: 30 May 2022 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29394

Actions (login required)

View Item View Item