PENINGKATAN GERAK DASAR LARI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR DI KELAS IV SDN PASAR MANGGIS 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

SIRHAN KOLLY, . (2015) PENINGKATAN GERAK DASAR LARI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR DI KELAS IV SDN PASAR MANGGIS 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB+II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB+III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB+I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB+V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB+IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR++ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR++PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan Gerak Dasar Lari melalui Permainan Bola Besar Siswa Kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas tindakan pembelajaran dalam aktifitas Gerak Dasar Lari melalui Permainan Bola Besar. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni tahun pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini dilakukan pada dua siklus. Dalam siklusnya menggunakan metode dengan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Maksudnya pada model ini tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing),dan refleksi (reflecting), dan untuk mengumpulkan datanya digunakan instrumen tes dan instrumen non tes dengan berupa instrumen pemantau tindakan dan catatan lapangan. Pada pembelajaran Peningkatan Gerak Dasar Lari melalui Permainan Bola Besar ternyata menunjukan adanya peningkatan sesuai yang diharapkan. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan Gerak Dasar Lari yaitu meningkat dari hasil rata-rata dari dua pertemuan sebesar 58,90% pada siklus I ke 79,25% sehingga mengalami kenaikan sebesar 15,23% sementara pemantau tindakan dalam prose pembelajaran melalui Permainan Bola Besar meningkat dari hasil rata-rata dua pertemuan sebesar 67,55% pada siklus I ke 82,5% pada siklus II sehingga mengalami kenaikan 17,5%. Berdasarkan persentase data pemantau tersebut dapat disimpulkan bahwa Melalui Permainan Bola Besar dapat meningkatkan Gerak Dasar Lari Di kelas IV SDN Pasar Maggis 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah Permainan Bola Besar dapat meningkatkan Gerak Dasar Lari Siswa kelas IV SD. Gerak Dasar Lari dapat dijadikan Alternatif dalam pembelajaran permainan Bola Besar dan dapat mempermudah Mengasah kemampuan Siswa dalam permainan Bola Besar. This study aims to increase Basic Motion Running through the Great Ball Game Grade IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi, South Jakarta. This study was conducted to see the effectiveness of the learning in the activities of Basic Motion Running through the Great Ball Game. This research was conducted in the fourth grade SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi, South Jakarta. This study was conducted from April to June school year 2014/2015. In this study conducted in two cycles. In the cycle using Kemmis cycle model and Mc. Taggart. The point in this model the planning stages (planning), action (acting), observation (observing), and reflection (reflecting), and to collect data used test instruments and instruments with such non-test instrument monitors the actions and field notes. Improved learning Basic Motion Running through the Great Ball Game turns shows the increase as expected. In the second cycle showed an increase in Basic Motion Running is increased from the average of the two meetings amounted to 58.90% in the first cycle to 79.25%, so an increase of 15.23% while monitoring the action in prose learning through the Great Ball Game increased from an average yield of 67.55% of two meetings in the first cycle to 82.5% in the second cycle so that an increase of 17.5%. Based on the percentage of monitoring the data, we can conclude that through the Great Ball Game can increase the Basic Motion Running In class IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi, South Jakarta. The implication of this research is the Great Ball games can enhance Basic Motion Running fourth grade students. Basic Motion Running can be used as alternatives in the learning of the ball game and can facilitate the ability Sharpening Students in Large Ball game

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andi Ali Saladin. M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar. M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:05
Last Modified: 02 Jun 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29638

Actions (login required)

View Item View Item