ZULVANA EKA SARI, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA DAN PERUBAHAN WUJUDNYA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SDS LAB PGSD SETIABUDI (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDS Lab PGSD Setiabudi, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
LAMPIRAN AWAL.pdf Download (298kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (593kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I..pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) |
|
Text
ABSTRCT.pdf Download (85kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDS LAB PGSD Setiabudi tentang Benda dan perubahan wujudnya menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SDS LAB PGSD Setiabudi Jakarta Selatan pada semester II tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 18 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes, non tes, dan catatan jurnal penelitian. Hasil belajar IPA yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 77,78% dan pada siklus II menjadi 100%. Hal tersebut menunjukan bahwa hasil yang dicapai siswa mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Hal tersebut dikarenakan efektifitas dari proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kesimpulan hasil penelitian iniadalah penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA tentang benda dan perubahan wujudnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDS LAB PGSD Setiabudi Jakarta Selatan. The amis of this research was to improve science learning of respiratory and digestion human at five grade of LAB PGSD Elementary School through scientific approach. This research was conducted at LAB PGSD Elementary School South Jakarta at second semester of 2014-2015 with 18 of students at five grade. The method conducted in this research was classroom action research which using cycle method of Kemmis and Mc Taggart. Method this research conducted through planning stages, class action/implementation, observation, and reflection. The data was collected by using test instruments, non-tes, and field notes. The result of students science learning evaluation on first cycle have been achieved, the number of 77.78% and for the second cycle to be 100%. It proves that the outcome of students was improve into 22.22% due to the effective of learning process through scientific approach. The conclusion of the research was by using scientific approach in science can improve science learning outcome students at five grade LAB PGSD Elementary School Setiabudi South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana. ; 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:29 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 02:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29782 |
Actions (login required)
View Item |