PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PONDOK KOPI 01 PAGI DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

WILDANIA AUGUSTINE, . (2015) PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PONDOK KOPI 01 PAGI DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (68kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (198kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
7. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA PROPOSAL.pdf

Download (193kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (302kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan sikap peduli lingkungan setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SDN Pondok Kopi 01 Pagi Duren Sawit Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi sumber daya alam. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa: hasil peningkatan sikap peduli lingkungan siswa dari prasiklus, sikap peduli lingkungan siswa masih rendah. Siswa masih membuang sampah sembarangan dan malas melaksanakan piket kelas. Pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran berbasis lingkungan sikap peduli lingkungan kelas mengalami peningkatan menjadi 43,24%% pada kriteria tinggi dan 56,76%% pada kriteria sedang dengan rata-rata kelas 78,79%, namun masih jauh dari yang diharpakan peneliti yaitu 80% peningkatan sikap peduli lingkungan, maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II peningkatan sikap peduli lingkungan siswa mencapi 89,19% pada kategori tinggi dan 10,8% pada kategori sedang dengan rata-rata kelas 89,91% melebihi keritria ketuntasan minimum yaitu 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima, maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa Kelas IV SDN Pondok Kopi 01 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur semester II tahun pelajaran 2014/2015. This classroom action research aims is to: Knowing the attitude improvement of environmental care after the implementation of the environmental based learning model in the fourth grade students of SDN Pondok Kopi 01 Pagi Duren Sawit East Jakarta Semester II Academic Year 2014/2015 in the matter of natural resources. Based on the results obtained can be explained that: the result of an increase in environmentally conscious attitude of students of prasiklus, the attitude of the student environmental awareness is still low. Students still littering and lazy implement class picket. In the first cycle after application of environment-based learning model caring classroom environment increased to 43.24 %% on high criteria and 56.76 %% on the criteria being the average grade 78.79%, but still far from that was expected to researchers ie 80% increase in environmentally conscious attitude, then proceed to the second cycle. In the second cycle environmental improvement caring attitude peak at 89.19% of students in the high category and 10.8% in the medium category with an average grade 89.91% exceeds the completeness criteria minimum of 80%. It can be concluded that the alternative hypothesis is acceptable, it can be concluded that: the application of environment-based learning model can improve students' attitudes environmentally Class IV SDN Pondok Kopi 01 Pagi Duren Sawit East Jakarta second semester of the academic year 2014/2015

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:35
Last Modified: 07 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item