PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT MELALUI GERAK MULTILATERAL UNTUK SEKOLAH DASAR

WAHYU BUDI SANTOSO, . (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT MELALUI GERAK MULTILATERAL UNTUK SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (215kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (832kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (87kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
14. lampiran 2.pdf

Download (103kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] Text
13. lampiran 1.pdf

Download (799kB)
[img] Text
15. Lampiran 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (162kB)
[img] Text
ABSTRAK wahyu.pdf

Download (5kB)
[img] Text
KESELURUHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
persembahan.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 2 Maret sampai 30 April 2016 bertempat di SDN Duren Sawit 18 Pagi Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development, yaitu dengan membuat item model pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis model pembelajaran ini adalah dengan cara peneliti mengundang para ahli/pelatih olahraga pencak silat, kemudian para ahli tersebut melihat dan menilai sekaligus memutuskan setiap item yang ada dimodel pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar. Setelah diadakan penilaian oleh para ahli/pakar yang kemudian diuji maka 9 item model pembelajaran yang ada dinyatakan layak untuk dijadikan sebuah model pembelajaran. Dari hasil penelitian yang telah dikembangkan, peneliti berharap dalam model pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar dapat digunakan sebagai model mengajar oleh guru pendidikan jasmani, dan agar para guru memahami terlebih dahulu materi model pembelajaran dengan baik antara lain tentang kemasan maupun isi dari materi model latihan yang dikembangkan This study aims to determine the model of learning martial arts kick straight through multilateral motion for primary schools. This study was conducted from March 2 until 30 April 2016 held at SDN 18 Pagi Duren Sawit, East Jakarta. The method used in this research is the Research and Development, is to create a learning model item straight kick martial arts through multilateral motion for primary schools. The technique used to analyze the learning model is the way researchers invited experts / trainers sport martial arts, then these experts to see and judge at the same time decide on any item that is modeled learning martial arts kick straight through multilateral motion for primary schools. After an assessment by experts / specialists who then tested the 9 items learning model that is otherwise eligible to serve as a model of learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Johansyah Lubis, M.Pd 2) Iwan Setiawan, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:46
Last Modified: 25 Jun 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30650

Actions (login required)

View Item View Item