PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP

RICKO INDRAWAN, . (2011) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2.PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4.KATA PENGANTAR=DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.FIKS _revisi_.pdf

Download (17kB)
[img] Text
1.COVER SKRIPSI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV ricko.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB II_revisi_.NEW.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB III._revisi_ baruu.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lampiran 10.pdf

Download (859kB)
[img] Text
Lampiran 1-5 baru.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Lampiran 6-8.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran 9.pdf

Download (869kB)
[img] Text
Lampiran 11, 12.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Lampiran 13-16 surat.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan populasi adalah seluruh peserta didik di SMPN 1 Mauk kab. Tangerang. Penelitian dilakukan pada bulan November sampai dengan Desember 2010. Sampel penelitian teridiri dari dua kelas yaitu kelas VII-3 sebagai kelas Eksperimen sebanyak 40 siswa dan VII-4 sebagai kelas Kontrol juga sebanyak 40 siswa. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme dan kelas kontrol diajar dengan cara konvensional, kemudian kedua kelas diberi tes formatif berupa pre-test dan post-test pada pokok bahasan Kalor. Hasilnya (post-test) kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 67,85 dengan variansi sebesar 88,59 sedangkan untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 63,15 dengan variansi sebesar 69,21. Pengujian persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Normalitas diuji dengan menggunakan Chi Kuadrat (X 2 ) dimana hasilnya menunjukkan bahwa data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Homogenitas diselidiki dengan uji F dan hasilnya kedua kelas homogen atau berasal dari sampel yang seragam. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 78 diperoleh nilai thitung = 3,53 dan nilai ttabel adalah 1,67. (thitung > ttabel ) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar fisika siswa SMP

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 18:33
Last Modified: 28 Jun 2022 18:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30921

Actions (login required)

View Item View Item