NURUL ATHIYAH, . (2011) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU (Studi Deskriptif di Sekolah Dasar Al Barra Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRACT english.pdf Download (62kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I, II new.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB III new.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (54kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (280kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
Text
instrumen penelitian all.pdf Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru di Sekolah Dasar. Adapun fokus penelitian pada peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru, meliputi peranan kepala sekolah sebagai pemimpin, peranan Kepala Sekolah dalam Mendukung Kegiatan Para Guru, Melakukan Penilaian terhadap kegiatan Para Guru, Mengatur program kerja guru, Memberikan Informasi terhadap para Guru, Meningkatkan Mutu Guru di Sekolah. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dengan Metode Deskriptif. Peneliti menggambarkan situasi seperti apa adanya sesuai dengan keadaan dari hasil temuan di lapangan. Apa yang diuraikan peneliti adalah hasil pengamatan dari para responden yang terkait sebagai Key Informan (Informasi Kunci). Wawancara yang dilakukan terhadap Key Informan (Informasi kunci) dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan Orang tua murid (Komite) di SD Al Barra, Jakarta Timur. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh di lapangan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Kepala Sekolah sebagai pemimpin di sekolah dasar Al Barra menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, yaitu mementingkan kepentingan bersama. Kepemimpinan yang dilakukan di sekolah terkait dengan peningkatan mutu guru dalam bekerja khusunya mutu guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah. 2) Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Al Barra memberikan dukungan penuh kepada guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolahnya mulai dari pemenuhan kebutuhan dalam buku-buku untuk pemberian materi, sarana pembelajaran, alat peraga, media pembelajaran; 3) Kepala Sekolah dalam melakukan penilaian kepada guru dilakukan dengan memantau cara mengajar guru didalam kelas, melihat kemajuan anak terhadap materi yang diajarkan; 4) Kepala Sekolah memiliki peranan dalam mengatur program kegiatan guru, terhadap tugas dan tanggung jawab guru, sehingga menghindarkan daya tumpang tindih dalam melaksanakan pekerjaan di sekolah terutama dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, kebutuhan sarana pembelajaran, kebutuhan lainnya, sampai penempatan guru di sekolah; 5) Kepala Sekolah melakukan kegiatan pemberian informasi kepada guru mulai dari jam mengajar di sekolah sampai diadakan pelatihan atau seminar bagi guru di sekolah. Dengan adanya pemberian informasi kepada guru maka guru akan merasa dilibatkan dalam penyusunan program sekolah dan dengan adanya informasi dari sekolah maka guru akan lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan di sekolah; 6) Kepala Sekolah sangat memperhatikan peningkatan mutu guru terutama dalam hal peningkatan mutu pembelajaran. Diantaranya mengadakan seminar pendidikan yang akan membantu para guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilanya dalam mengajar. Setiap minggu di usahakan untuk mengadakan sharing antara pihak sekolah dan guru untuk membicarakan mengenai kesulitan dalam mengajar di kelas. Sedangkan implikasi dari penelitian ini adalah dengan adanya kepemimpinan kepala sekolah yang baik dalam mengelola program-program sekolah, mutu guru akan meningkat, sehingga kegiatan sekolah dapat berjalan dengan lancar. Dengan lancarnya program sekolah yang akan dilaksanakan maka efektifitas organisasi dapat tercapai sesuai dengan tujuan pendidikan di sekolah. Saran dalam penelitian ini adalah Sekolah sebaiknya menerapkan kepemimpinan yang terbuka (transparan). Transparasi tidak saja menyangkut keuangan, tetapi juga harus melibatkan keseluruhan komponen pendidikan di sekolah, mulai dari penyusunan program. Pelaksanaan kegiatan di sekolah, sistem penilaian, sistem pembelajaran, penggunaan bagi murid dan komite sekolah. Para guru lebih sering untuk mengikuti Penataran, seminar tentang pendidikan khususnya pengelolaan pembelajaran perlu diberikan secara lebih banyak dan berkala disekolah yang dititik beratkan pada pemenuhan kebutuhan tambahan akan pemahaman, kemampuan atau keterampilan baru yang muncul dari kebutuhan pemecahan permasalahan-permasalahan yang di hadapi. Dan Komite sekolah harus lebih kreatif dan inovatif dalam membantu sekolah dalam menyediakan kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar dan sarana lainnya yang dibutuhkan siswa. This study aimed to find out the role of school Principals in Enhancing Teachers Quality in Primary Schools. The focus of research on the role of school principals in enhancing teacher quality, including the role of principals as leaders, the role of principal activities in Support of the master, Conducting Assessment of the activities of the master, Set work program teachers, Providing Information on the Teachers, Improving Teacher Quality School. The approach and methods used in this research is Descriptive Method Qualitative Approach. Researchers described the situation as it appropriate to the circumstances of the findings in the field. What is the researcher described the observations on Key Informants (Key Information) in this study were the principal, vice Principal, Teachers, and Parents (Committee) in SD Al Barra, East Jakarta. Based on descriptive data analysis, the results of research on leadership in primary school headmaster Al Barra is as follows: 1) Principal as a leader in primary school Al Barra apply democratic leadership style which is concerned with common interests. Committed leadership at the schools sociated with an increased quality of teachers in the work especially the quality of teachers in learning activities at school. 2) Head Elementary School Al Barra give full support to teachers in performing their duties in their schools ranging from the fulfillment of needs in the books for the provision of material, means of learning, teaching aids, instructional media, 3) the Principal in conducting an assessment of the activities of the teachers in Primary Schools Al Barra is an activity that is necessary to do because with the assessment, the teacher of teachers in schools can be monitored properly, 4) Principal have a role in regulating the activity program at the elementary school teacher Al Barra 'because with the arrangement of duties and responsibilities of teachers it will avoid overlapping resources in carrying out work in schools, especially in carrying out teaching and learning activities, 5) Head of Primary School Al Barra do activities providing information to teachers ranging from how many hours of teaching in the school until when there will be training or seminars for teachers in schools. With the provision of information to the teacher then the teacher will feel involved in the preparation of school programs and with the information from the school then the teacher will be easier in carrying out activities in schools; 6) Elementary Principal Al Barra very very meperhatikan improving teacher quality, especially in terms of quality improvement learning. And conduct training and educational seminars that will help teachers to improve their knowledge and keterampilanya in teaching. Every week on try to make sharing between the school and teachers to talk about the difficulties in teaching in the classroom. While the finding of this study is the presence of a good principal leadership in organizing and managing school programs to be implemented then the school activities run smoothly. With smooth xdkolah program that will be implemented then the effectiveness of the organization can be achieved in accordance with the objectives of education in schools. Suggestion in this study were school leadership implement an open (transparent). Transparency is not just about finances, but also should involve allcomponents of education in school, the assessment system, learning system, the teachers more often to follow Upgrading, seminars needs to be given more and regular schools that put emphasis on meetig additional needs will be understanding, skill or new skills or new skill that arise from the need of solving problems in the face. And the school committee for the teaching and learning activities and other facilities required of students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Supadi, M.Pd 2) Dr. Sri Ambar Arum, MA |
Subjects: | Manajemen > Manajemen , Business |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 01:02 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 01:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30952 |
Actions (login required)
View Item |