STRATEGI E-DAKWAH AKUN INSTAGRAM GUIDELIGHT.ID DALAM MENGENALKAN ALQUR’AN KEPADA GENERASI MILENIAL

ANAS ABI ANZAH, . (2021) STRATEGI E-DAKWAH AKUN INSTAGRAM GUIDELIGHT.ID DALAM MENGENALKAN ALQUR’AN KEPADA GENERASI MILENIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
03 LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (248kB)
[img] Text
01 COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (220kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
16 BIODATA PENELITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi e-dakwah yang dilakukan oleh akun Guidelight.id. Dari tujuan tersebut kemudian diturunkan kedalam beberapa tujuan lagi seperti mengetahui proses pembahasan strategi dakwah, pemanfaatan e-dakwah sebagai pembaharuan dakwah, serta penggunaan komunikasi persuasive dalam pembuatan program serta konten dakwah yang dilakukan oleh Guidelight.id. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari hingga Mei 2021, Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah observasi, in depth interview dan untuk menambah kekayaan data, penulis menggunakan studi dokumentasi. Penelitian ini akan bermanfaat guna memberikan gambaran kepada aktivis dakwah terkait bagaimana dakwah yang mampu menjawab kebutuhan objek dakwah di era digital seperti ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dakwah sebagai kegiatan inti dari Guidelight merupakan sebuah proses komunikasi karena terdapat unsur-unsur yang sama terhadap komunikasi dan dakwah, sehingga penulis mengetahui bagaimana langkah penentuan strategi e-dakwah yang menggunakan langkah strategi komunikasi, yaitu dengan pengenalan khalayak, menyusun pesan, menentukan metode, memilih media atau saluran dan memainkan peranan komunikator. This study aims to describe the e-da'wah strategy carried out by the Guidelight.id account. From these objectives, it is then lowered into several more goals, such as knowing the process of discussing da'wah strategies, using e-da'wah as a da'wah renewal, and the use of persuasive communication in making programs and da'wah content carried out by Guidelight.id. This study used a qualitative method with a descriptive approach. This research was conducted from February to May 2021. The data collection techniques used by the writer were observation, in-depth interviews and to increase the wealth of the data, the writer used documentation study. This research will be useful in providing an overview for da'wah activists related to how da'wah is able to answer the needs of da'wah objects in this digital era. The results of this study indicate that da'wah as the core activity of Guidelight is a communication process because there are the same elements of communication and da'wah, so that the authors know how to determine the e-da'wah strategy using communication strategy steps, namely by introducing audiences, composing messages. , determine the method, select the media or channel and play the role of the communicator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Ridwan Effendi, M.Ud. ; 2). Yusuf Ismail, S.Ag., M.Ag
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:20
Last Modified: 30 Jun 2022 05:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item