PEMANFAATAN YOUTUBE CHANNEL MASAK.TV SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MAHASISWA TATA BOGA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ANASTASYA KHAIRUNNISA, . (2017) PEMANFAATAN YOUTUBE CHANNEL MASAK.TV SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MAHASISWA TATA BOGA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5-BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
1-Cover SKRIPSI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
2-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
4-DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
9-BAB V .pdf

Download (68kB)
[img] Text
7-BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
8-BAB IV.pdf

Download (145kB)
[img] Text
6-BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
10-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (814kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (114kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (652kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah Youtube Channel Masak.TV dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran teori dan juga praktik. Penelitian yang dilakukan di Universitas Negeri Jakarta pada bulan Januari 2017 sampai dengan Juli 2017 ini menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, kuesioner yang diberikan berupa 30 butir pernyataan dengan pilihan jawaban menggunakan skala Guttman, yaitu Ya dan Tidak yang terlebih dahulu di uji validasi terhadap 10 orang Mahasiswa Program Studi Tata Boga. Uji validasi diperoleh menggunakan uji produk momen dengan kualifikasi Rhitung > Rtabel, yang menghasilkan 25 butir pernyataan valid. Selanjutnya untuk mengetahui manfaat Channel YouTube Masak.TV sebagai sumber belajar dilakukan survey terhadap 35 orang mahasiswa Program Studi Tata Boga Universitas Negeri Jakarta sebagai responden. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 100% responden pernah melihat acara masak-memasak melalui YouTube, 73% responden memberikan respon positif terhadap materi yang ada pada Masak.TV dan 72% responden menyatakan terdapat manfaat dari penggunaan YouTube Channel Masak.TV sebagai sumber belajar pada mahasiswa Tata Boga di Universitas Negeri Jakarta. This research aims to know and analyze whether Youtube Channel Masak.TV can be used as a learning resource in the process of learning theory and also practice. Research conducted at the State University of Jakarta in January 2017 to July 2017 is using survey methods. The sampling technique is Purposive Sampling, the questionnaire given in the form of 30 items of statement with the choice of answers using Guttman scale, that is Yes and No first in the validation test of 10 students of Food and Nutrition Studies Program. Validation test was obtained using the product moment test with qualification R-ratio> R-table, which resulted in 25 items of valid statement. Furthermore, to know the benefits of YouTube Channel Masak.TV as a source of learning conducted a survey of 35 students Food and Nutrition Program University of Jakarta as respondents. Based on the description of the research results can be concluded that, 100% of respondents have seen cooking show through YouTube, 73% of respondents gave a positive response to the existing material on Masak.TV and 72% of respondents said there are benefits of YouTube Channel Masak.TV as a source of learning Studying at Food and Nutrition students at State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Annis Kandriasari, S.Pd, M.Pd 2) Cucu Cahyana, S.Pd, M.Sc
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:31
Last Modified: 01 Jul 2022 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31301

Actions (login required)

View Item View Item