PENGGUNAAN MEDIA MODUL BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TINGKAT BEGINNER 1 DI LEMBAGA KURSUS DINO COURSE GALAXY KALIMALANG BEKASI

ACHMAD FUADI, . (2013) PENGGUNAAN MEDIA MODUL BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TINGKAT BEGINNER 1 DI LEMBAGA KURSUS DINO COURSE GALAXY KALIMALANG BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrakachmad fuadir.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Lampiran 4.ANGKET.pdf

Download (160kB)
[img] Text
lampiran 5.LEMBAR OBSERVASI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3. KISI_kisi instrumen Adi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
lampiran 12.Analisis Kelayakan Media Modul Bahasa Inggris Tingkat Beginner 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
lampiran 14.ANGKET kelayakan media.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Lampiran 15.Hasil Uji Validitas Judgement kelayakan media.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Lampiran 11.Hasil Uji Validitas Judgement.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN 17. DOKUMENTASI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
lampiran 18.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN 16.Daftar Absensi Peserta Didik.pdf

Download (124kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Lampiran 6.SOAL UJIAN EVALUASI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lampiran 2.Rancangan UNIT PROGRAM.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Lampiran 1. pretest post test.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris tingkat beginner 1 pada para peserta didik di Lembaga kursus Dino Course Galaxy Kalimalang, Bekasi. Saya sebagai peneliti awalnya melihat beberapa masalah yang ada di Lembaga kursus ini dalam lingkup proses pembelajaran. Masalah itu adalah tidak adanya media pembelajaran yang bersifat pembelajaran mandiri, sehingga proses belajar sangat bergantung kepada tutor menyebabkan peserta didik kurang aktif. Selain itu kurangnya media pembelajaran membuat tutor kurang terorganisasi dan terstruktur dalam memberikan materi pembelajaran. Maka dari permasalahan yang ada dalam penelitian ini saya membuat sebuah media pembelajaran berupa modul Bahasa Inggris khusus untuk tingkat Beginner 1. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan one group, pre test – post test design, yaitu dengan memberikan perlakuan terhadap peserta didik menggunakan media modul bahasa Inggris tingkat beginner 1 diharapkan nmendapatkan hasil yang baik dan peningkatan sebelum dan sesudah penggunaan media modul ini diterapkan. Peningkatan hasil belajar ini dapat diukur dengan test sebelum diberikan perlakuan (pre test) dan test setelah diberikan perlakuan (post test), sehingga kita dapat melihat perbedaan dan peningkatan nilai test sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subyek penelitian ini adalah para peserta kursus kelas tingkatan beginner 1 berjumlah 20 orang. Hasil dari penerapan pembelajaran mandiri dengan menggunakan media modul cetak level beginner 1 melalui pre test dan post test terhadap peserta didik di lembaga kursus Dino Course. Maka diperoleh nilai rata-rata dari ujian evaluasi teori pada pre test 65,55 dari 100 soal yang diberikan, dan pada post test terjadi kenaikan sebanyak 18,5% yaitu menjadi 84,05. Dengan demikian peningkatan yang terjadi sudah melebihi nilai standar yang ada yaitu 75. Dengan ini maka dapat dikatakan bahwa tujuan dari penelitian ini dapat “tercapai” This research aims is to increase learning outcome of english subject for level beginner 1 at Dino Course Institutions, Galaxy, Kalimalang, Bekasi. At the first as a researcher i see some problems in this institutions especially in learning process. The problems are there is no media learning that is has self directed learning, that’s why learning process highly dependent on tutor cause student less active in class.More over lack of media learning make tutor less organized and structured in provide learning materials. Because of existing problems in this research, i make a learning media the form of english language module special for level beginner 1. This research performed with the approach one group pre test-post test design. That is by giving treatment to the students using english media module for level beginner 1 be expected to get the good results and improved before and after using media module.This improved learning outcomes can be measured with test before given treatment (pre test) and test after given treatment (post test), so that we can see the difference and increase score test before and after we given treatment. The research subjects are students class level beginner 1 total 20 students. Result from application of self directed learning with using print media module level beginner 1 through pre test and post test againts students at level beginner 1 in Dino Course institution. Then obtained average score from evaluation exams when pre test 65,55 from 100 given problem, and when post test happened increase in score until 18,5% become 84,05. Thus increase that occured already exceeded standard score that is 75. Through this research can be obtained that using learning media the form of english language module can proved increase learning outcomes of english language materials for level beginner 1 in Dino Course Institutions, Galaxy, Kalimalang, Bekasi. With this it can be said that purpose of this research can be reached.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr.Karnadi, M.Si. 2. Dr. Durotul Yatimah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:17
Last Modified: 26 Jul 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32066

Actions (login required)

View Item View Item