TUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAKET C DI PKBM 23 KEBON MELATI JAKARTA PUSAT

ADI YAKSA PRATAMA, . (2013) TUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAKET C DI PKBM 23 KEBON MELATI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
13.Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HDUP.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
14.COVER OKE.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran dan informasi yang tepat berdasarkan data yang benar dan dapat dipercaya tentang Pengelolaan Pembelajaran Paket C yang ada di PKBM 23 Kebon Melati Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik deskriptif. Penelitian ini untuk memahami fenomena tentang apa yang dipahami atau dialami oleh subjek penelitian. Pengujian ini dilakukan dengan uji triangulasi. Penelitian ini mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok menggunakan analisis data dan pemeriksaan keabsahan data serta menggunakan teknik pengambilan sampel tujuan (purposive sampling), artinya pengambilan sampel berdasarkan penilaian subjektif peneliti berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut paut dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya dengan pertimbangan tertentu Hasil analisis menunjukan bahwa dalam menajalankan pengelolaan pembelajarannya di PKBM 23 diawali dengan menganalisis tugas menjadi seperangkat tugas terperinci serta membuat program pengajaran dengan cara melihat karakteristik warga belajarnya. Dalam mengidentifikasi perencanaan pengajaran ditentukan dengan cara melihat tujuan instruksional umum serta menentukan program, sasaran, sumber dan sarana pembelajaran yang tepat, kegiatan menetapkan tujuan pembelajaran ditentukan kriteria untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pembelajaran. Dalam mengorganisir sumber daya tutor kegiatan pemilihan strategi pengajaran disesuaikan dengan keadaan sumber daya tutor dan warga belajarnya. Pengelola menyediakan media dalam pembelajaran berupa buku pedoman bagi tutor dan warga belajarnya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bervariasi. Evaluasi yang diberikan kepada warga belajarnya diakhir proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan warga belajarnya yaitu dapat diberikan secara lisan dan tulisan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan pengelola khususnya Penjab PKBM 23 lebih mendominasi dalam kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan menganalisis, sedangkan para tutor hany menjalankan program yang telah ditetapkan, tetapi dalam menentukan metode, gaya belajar dan jenis tes dalam evaluasi tutor ditentukan sendiri. Dengan kata lain This study aims to gain an overview and accurate information based on the data correct and trustworthy on Management Learning Paket C's in the PKBM 23 Kebun Melati Central Jakarta. The method used was a descriptive survey method with techniques. This research is to understand the phenomenon of what is understood or experienced by research subjects. The test is performed by triangulation test. This study took a sample of the population and the use of questionnaires as the main data collection tool using data analysis and data validity checking and using objective sampling technique (purposive sampling), meaning that sampling based on subjective assessment based on the particular characteristics researchers who are considered to have nothing to do with the known characteristics of the population prior to the consideration of certain. Results of the analysis showed that the management of learning in the PKBM 23 begins by analyzing the task into a set of detailed tasks and make the teaching program by looking at the characteristics of the learning community. In identifying the teaching plan is determined by looking at the general instructional objectives and determine the programs, goals, resources and appropriate learning facilities, activities specified criteria set learning goals to measure the success of a learning program. In organizing resources election activities tutor teaching strategies tailored to the circumstances of resources citizens tutor and learning. Is providing instructional media in the form of manuals for tutors and learning community. The method used in the study varied. Evaluation given to residents at the end of the learning process of learning can be adapted to the learning community that can be given orally and in writing. The conclusion of this study is the role of managers in particular Penjab PKBM 23 more dominating in the activity plan, organize, lead and analyze, while the tutor hany run a program that has been set, but in determining the methods, learning styles and types of tests in the evaluation determined his own tutor. In other words, managers and tutors in PKBM 23 determine the role and function of each, residents learn the feel of the existing learning management at PKBM so that objectives can be achieved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: 1). Dr. Agus Sutiyono, M.M. ; 2). Puji Hadiyanti,M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:12
Last Modified: 15 Aug 2022 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32070

Actions (login required)

View Item View Item