HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KONSENTRASI SISWA DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA JURUSAN AKUNTANSI KELAS XII SMK NEGERI 45 JAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

HANNA MULYANA, . (2013) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KONSENTRASI SISWA DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA JURUSAN AKUNTANSI KELAS XII SMK NEGERI 45 JAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (385kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (21MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara gaya belajar dengan konsentrasi siswa dalam belajar mata pelajaran akuntansi pada kelas XII akuntansi SMK Negeri 45 Jakarta Barat tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 45 Jakarta Barat. Sedangkan populasi terjangkau yaitu siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 77 siswa. Berdasarkan populasi terjangkau, sampel diambil sebanyak 65 siswa menggunakan teknik proportional random sampling dengan taraf signifikansi α = 0,05. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan skala likert dan pendekatan korelasional. Pada metode survey dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas pada masing-masing variabel. Pada variabel gaya belajar diberikan 55 butir pernyataan, setelah pengujian validitas menjadi 41 butir dengan nilai ( r) sebesar 93%, sedangkan pada variabel konsentrasi siswa diberikan 50 butir pernyataan, setelah pengujian validitas menjadi 39 butir dengan nilai ( r) sebesar 91%. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis melalui analisis regresi dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis regresi, diperoleh persamaan regresi, yaitu 99,44% +0,21X, Lhitung (0,1029) < Ltabel (0,1099) menunjukkan bahwa regresi bersifat normal, Fhitung (6,77) > Ftabel (4,02) menunjukkan bahwa regresi signifikan, Fhitung (0,19) < Ftabel (1,85) menunjukkan bahwa regresi linier. Sedangkan, berdasarkan analisis korelasi, diperoleh koefisien korelasi 0,19%, koefisien determinasi sebesar 0,04 menunjukkan bahwa gaya belajar memberikan kontribusi kepada konsentrasi siswa sebesar 4%, dan keberartian koefisien korelasi sebesar thitung (1,74) < ttabel (1,66) menunjukkan bahwa koefisien korelasi signifikan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan konsentrasi siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XII akuntansi di SMK negeri 45 Jakarta Barat. ***** This study aims to prove the hypothesis that there is a relationship between learning style with students concentration in learning accounting subject at accounting major class of accounting of XII Vocational High School 45 West Jakarta academic year 2012/2013. The Research population was all students of Vocational High School 45 West Jakarta. While, affordable population is students of class XII Accounting as many as 77 person. Based on affordable population, sample were taken as many as 65 person using proportional random sampling with a significance level α = 0,05. The research method is used was survey method with likert scale with correlation approach. In the survey method testing the validity and and reliability of each variable. On lerning style given 55 point statement, after testing the validity to 41 point with a value of ( r) is 93%, while, on student’s concentration given 50 point statement, after testing the validity to 39 point with a value of ( r) is 91%. Further testing of hypothesis through regression and correlation analysis. Based on regression analysis, the regression equation is obtained which is 99,44% +0,21X, Lcount (0,1029) < Ltable (0,1099) indicates that regression is normal, Fcount (6,77) > Ftable (4,02) indicates that regression is significant, Fcount (0,19) < Ftable (1,85) indicates that regression is linier. While, based on correlation analysis, coefficient correlation 0,19%, determination coefficient of 0,04 indicates that learing style give contribution to students concentration is 4%, and the significant of coefficient correlation is tcount (1,74) < ttable (1,66) indicates that correlation coefficient is significant. Based on the data analysis can concluded there is a positive of relationship between learning style with students concentration on accounting subject in class XII accounting major in Vocational High School 45 West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, M.Ak ; 2). Susi Indriani, M.S.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:07
Last Modified: 02 Aug 2022 03:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32106

Actions (login required)

View Item View Item