PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS/RESITASI DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA SMK YPIAL-FALAH JAKARTA

LI S SAODAH, . (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS/RESITASI DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA SMK YPIAL-FALAH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 4.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] Text
RPP.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (158kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah hasil belajar kewirausahaan yang menggunakan metode pemberian tugas/resitasi lebih tinggi dari pada hasil belajar yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan teori dan konsep serta kerangka berpikir, maka dirumuskan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa hasil belajar kewirausahaan siswa yang menggunakan metode pemberian tugas/resitasi lebih tinggi dari pada yang menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di SMK YPI Al Falah Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 selama 3 bulan terhitung mulai bulan Maret 2013 samapai dengan bulan Mei 2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas yang berjumlah 64 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan berdasarkan sensus. Instrumen penelitian berupa butir tes sebanyak 20 soal. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar kewirausahaan siswa kedua kelas tersebut. data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan ttes pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil data harga thitung yang diperoleh adalah 5,302 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 62 adalah 2,00. Ini berarti harga t hasil perhitungan lebih besar dari harga t tabel, sehingga harta t hitung signifikan untuk menolak H0 pada taraf signifikansi 0,05. Dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) diperoleh hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan yang menggunakan metode pemberian tugas/resitasi adalah 90,00 lebih tinggi dari pada hasil belajar kewirausahaan siswa dengan menggunakan metode ceramah adalah 79, 06. ***** The objective of this research is to find out empirically whether the student’s learning outcomes with giving assignment method/recitation is higher than student’s learning outcome with explanation method. Based on the theories, concepts and thingking framework exist, it could be formulated the hypothesis of research with claim that the student’s entrepreneurship learning achievement with giving assignment method/recitation is higher than those with explanitaion method. This research is conducted at Al-falah Islamic Institution High School Jakarta on anomalous semester 2012/2013 year school since March 2013 and May 2013. The method used this research was experiment, with two classes being it sample 64 student’s respectively. The samples were take by using sensus technique. The research instruments used was items test which umber question are 20 items. The data existed being analyzed by using t-test on significance of 0,05. From the result of analysis conducted, that t count was 5,302 while t table on significance of 0,05 with unimpeded (free) degree (dk) 62 was 2,00. It means that t count is bigger that t table so that t count was significant to refuse H0 on significance of 0,05. This research result concluded that student achievement in entrepreneurship learning by giving assignment method/recitation which 90,00 is higher student’s achievement in entrepreneurship learning by using explanation method which 79,06

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sudarti ; 2). Umi Widyastuti, S.E., M.E.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:23
Last Modified: 02 Aug 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32165

Actions (login required)

View Item View Item