KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL “AULᾹD HᾹRATINᾹ” (ANAK-ANAK KAMPUNG KAMI) KARYA NAJĪB MAHFŪZ DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB

NURLAILA SARAH FATIMAH, . (2013) KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL “AULᾹD HᾹRATINᾹ” (ANAK-ANAK KAMPUNG KAMI) KARYA NAJĪB MAHFŪZ DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (365kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (362kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (620kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (238kB)
[img] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (262kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang kepribadian tokoh dalam Novel “Aulād Hāratinā” )Anak-anak Kampung Kami( agar hasilnya dapat diimplikasikan dalam pengajaran Telaah Sastra Arab bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif degan menganalisis kepribadian tokoh dalam Novel “Aulād Hāratinā” )Anak-anak Kampung Kami(. Instrumen yang digunakan peneliti sendiri adalah tabel spesifikasi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat 120 teks yang menunjukan kepribadian tokoh dalam Novel “Aulād Hāratinā” )Anak-anak Kampung Kami( Karya Najīb Mahfūz. Terdiri dari kepribadian sanguinis sebanyak 21 teks (18%), kepribadian koleris sebanyak 53 teks (44%), kepribadian melankolis sebanyak 27 teks (23%), kepribadian plegmatis sebanyak 8 teks (6%), kepribadian extrovert sebanyak 2 teks (1%), dan kepribadian introvert sebanyak 9 teks (8%). Adapun teks yang menunjukan faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian yaitu sebanyak 120 teks, yang terdiri dari faktor biologis sebanyak 102 teks (85%), dan faktor lingkungan sebanyak 18 teks (15%). Implikasi hasil penelitian ini terhadap pengajaran telaah sastra arab adalah menjadikan “Aulād Hāratinā” )Anak-anak Kampung Kami( Karya Najīb Mahfūz sebagai salah satu bahan perkuliahan khususnya dalam pengajaran telaah sastra arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:07
Last Modified: 30 Aug 2022 01:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33728

Actions (login required)

View Item View Item