PERBEDAAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MATERI Al-QUR’AN, SISWA LULUSAN SDIT DENGAN SISWA BUKAN LULUSAN SDIT (Study Kasus SMP IT Al-Muchtar Kaliabang Nangka BEKASI)

NURLIZA SARI, . (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MATERI Al-QUR’AN, SISWA LULUSAN SDIT DENGAN SISWA BUKAN LULUSAN SDIT (Study Kasus SMP IT Al-Muchtar Kaliabang Nangka BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab III Metodologi Penelitian.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Bab I Latar Belakang.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
Halaman Muka.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Lembar akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
Daftar pustaka skripsi.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Bab II Kerangka Teori.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Bab V kesimpulan.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Bab IV Hasil penelitian.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pengalaman belajar dari masingmasing jenjang pendidikan yang memberikan dampak kurang baik bagi faktor eksternal dan hasil belajarnya, serta memperoleh rata- rata hitung dan Uji beda tentang perbedaan hasil belajar pokok bahasan materi al-qur’an, siswa lulusan SDIT dengan siswa bukan lulusan SDIT. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Al-muchtar Kaliabang Nangka Bekasi pada bulan oktober sampai dengan bulan desember tahun 2011. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode differensiasi dengan pendekatan survey. Polulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPIT Al-muchtar Kaliabang Nangka Bekasi dan untuk sampelnya adalah sebanyak 52 orang yang diambil dengan cara simple random sampling. Data variabel X Hasil belajar pokok bahasan materi Al-qur’an dengan variabel Y Siswa Lulusan SDIT dengan siswa Bukan Lulusan SDIT. Diperoleh langsung dengan instrumen dalam bentuk tes yaitu hafalan Alquran, sebelum dilakukan Uji beda, dilakukan dengan mencari deskripsi data dan frekuensi data yaitu diperoleh nilai rata- rata (mean) SDIT 81.75 dengan median 80.00 dan modus 80.00 sedangkan non SDIT memperoleh rata- rata 78,73 dengan median 77.00 dan modus 77.00 dibuktikan bahwa SDIT memperoleh nilai rata- rata lebih tinggi dibanding non SDIT. Dari pengujian persyaratan analisis yaitu uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel atau 1.27 < 1.78, maka kedua data diatas homogin atau uji t dapat dilanjutkan. Barulah diketahui Uji Differensiasi (Uji beda) dengan memperoleh nilai thitung =1.5964 dan ttabel = 2.0086 atau thitung < + ttabel, dengan taraf signifikan 5 % maka Ho ditolak atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pokok bahasan materi Al-quran, siswa lulusan SDIT dengan siswa bukan lulusan SDIT. ******** The aim of this research are know’n the factor of study experience from each education ladder are offer bad impact to psyology and result of her learns so for getting mean of count and difference about result of learns matter of alqur’an, graduate student of elementry school and graduate student of elementry school of islam. This research did to SMPIT Al Muchtar Kaliabang Nangka Bekasi in october until december years 2011, and this method use by difference with approaches survey. Population in this research student of junior high of islam/ SMPIT Al Muchtar the sample as much as 52 person did takend simple random sampling. Collecting X variable (result of learns matter of alqur’an) and Y variable (graduate student of elementry school and graduate student of elementry school of islam), using instrument from test memorizing of alqur’an, before done test of difference, did to look for description and frequency by mean, med and mod. Statement value of elementry school of islam are mean 81.75 med 80.00 and mod 80.00, so statement value of elementry school are mean 78.73 med 77.00 and mod 77.00 proved that SDIT get mean value higher than non SDIT. From analysis condition of test that is homogeneity test got Fcount < Ftable of 1,27 < 1,78, so the second of that statement homogin or test t can be continued. Then know that difference test with get value Tcount = 1,5964 and Ttable = 2.0086 or Thitung < + Ttable, whit standar significant from this watch fulness that found difference do significant between Difference result of learns matter of alqur’an, graduate student of elementry school and graduate student of elementry school of islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H. Zaghlul Yusuf, SH. ; 2). A. Suryadi Nomi, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:27
Last Modified: 30 Aug 2022 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33868

Actions (login required)

View Item View Item