PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEMANFAATKAN EMAIL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK SMK JAKARTA I KELAS X TITL

LIBERTI SITOMPUL, . (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEMANFAATKAN EMAIL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK SMK JAKARTA I KELAS X TITL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Kata pengantar.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) tahun ajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa: (1) Siswa cenderung berkumpul-kumpul pada saat proses belajar mengajar berlangsung; (2) siswa cenderung takut dan enggan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru; (3) siswa tidak memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru, pada saat guru melakukan pertanyaan siswa cenderung terdiam; (4) siswa tidak mau menanyakan materi yang kurang jelas terhadap guru, yang lainya siswa mengantuk: (5) nilai pengukuran listrik siswa cenderung rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mencapai hasil pembelajaran yang optimal guna memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar mengajar di dalam kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Jakarta 1 Jakarta Timur Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipasif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru, dan setting sosial kelas secara heterogen melalui 3 tahapan siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMK Jakarta1 kelas X TITL Jakarta Timur. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dilakukan dengan menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw dengan memanfaatkan Email. Sasaran penelitian adalah siswa kelas X TITL SMK Jakarta 1, Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Dari hasil observasi nilai rata-rata siswa siklus I adalah 80.15 dengan tingkat kelulusan sebesar 91.66% menjadi 80.30 dengan tingkat kelulusan sebesar 91.66% pada siklus II dan terakhir pada siklus III nilai rata-rata siswa adalah 87.24 dengan tingkat kelulusan 100%. Dari hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Memanfaatkan Email dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengukuran Listrik kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Jakarta1 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Bambang DP, M.Pd. ; 2). Drs. Budjari, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:24
Last Modified: 30 Aug 2022 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33929

Actions (login required)

View Item View Item