PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH

RATIH PURWITASARI, . (2010) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV ratih.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Cover, Pernyataan, Abstrak, Pengesahan, Motto, Kata Pengantar, daftar Isi, Daftar Tabel.pdf

Download (629kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar Sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 48 Jakarta selama 2 bulan yaitu dari bulan Agustus sampai dengan Oktober pada semester I tahun ajaran 2010 / 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 48 Jakarta yang berjumlah 959 siswa yang berasal dari 24 kelas, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X yang berjumlah 320 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diperoleh secara bertahap. Tahap pertama, yaitu menentukan sampel kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan pemilihan secara acak diperoleh, sampel yang diambil adalah siswa kelas X-5 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-4 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa butir soal. Untuk mengetahui kesahihan instrumen, dilakukan uji coba validitas pada instrumen penelitian dengan menggunakan 50 butir soal kepada 30 orang responden. Uji coba instrumen ini bertujuan untuk menghitung validitas dan reliabilitas instrumen. Pengujian validitas instrumen menggunakan rumus r Product Moment. Dari perhitungan tersebut diperoleh 40 butir soal valid dan 10 butir soal invalid. Kemudian dilanjutkan perhitungan uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik uji reliabilitas belah dua, yang bertujuan untuk mengetahui keajegan instrumen. Korelasi antara skor belahan ganjil dengan belahan genap dihitung menggunakan rumus r Product Moment dan diperoleh reliabilitas separuh tes sebesar 0,648. Kemudian dilanjutkan menggunakan rumus Spearman Brown didapatkan nilai r11 = 0,786 yang berarti reliabilitas instrumen tinggi. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tersebut dapat digunakan sebagai alat pengumpul data. Setelah itu dilakukan pengujian persyaratan data dengan uji normalitas menggunakan rumus Lilliefors. Dari hasil perhitungan untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,0754 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh 0,1043. Perhitungan pada Ltabel = 0,1497, karena Lhitung Ltabel berarti kedua data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas menggunakan uji Bartlet, dan hasilnya diperoleh 2 (hitung) = 1,6251. Hasil uji homogenitas tersebut dibandingkan dengan harga chi kuadrat untuk derajat kebebasan = 1, yaitu 2 (tabel) = 3,84. Karena 2 (hitung) 2 (tabel) pada taraf kepercayaan 95% ( = 0,05) dan derajat kebebasan = 1, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan kelompok sampel berasal dari kelompok homogen. Setelah data terbukti normal dan homogen, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Perhitungan penelitian ini menghasilkan t (hitung) = 2,07, sedangkan t (tabel) = 1,67 pada taraf kepercayaan 95% ( = 0,05) dan derajat kebebasan 68. Dengan demikian t (hitung) t (tabel) pada taraf kepercayaan 95% ( = 0,05) dan derajat kebebasan 68. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd. ; 2). Drs. M. Fakhruddin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:51
Last Modified: 31 Aug 2022 07:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34150

Actions (login required)

View Item View Item