HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN KARAKTER SISWA ( Studi Korelasional di SMP Negeri 78 Jakarta Pusat )

SUDEWO PRANOWO, . (2011) HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN KARAKTER SISWA ( Studi Korelasional di SMP Negeri 78 Jakarta Pusat ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (414kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)

Abstract

Pembangunan karakter bangsa saat ini belum terlaksana secara optimal dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter baik warga Negara belum cukup signifikan. Dilihat dari konteks Peserta didik mereka kerap berprilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila. Kurangnya rasa peduli dan menghargai terhadap sesama, bersikap mau menang sendiri serta tidak adil kepada teman,dll. Sehingga diperlukan upaya pembentukan karakter yang semestinya harus dibarengi dengan gerakan kembali kepada Nilai-nilai Pancasila. Jika pendidikan karakter ingin menjiwai proses pembentukan setiap anak muda, maka kesadaran bahwa pancasila sebagai kepribadian bangsa telah mempersatukan seluruh bangsa mesti dipahami sebagai hal sentral dalam pendidikan karakter Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sah (valid), dan dapat dipercaya tentang apakah terdapat hubungan antara Pemahaman Konsep Nilai-nilai Pancasila dalam bidang Studi Pkn dengan Karakter Siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2011. Metode yang digunakan adalah metode Korelasional dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Simple random sampling, dengan sampel ditetapkan secara purposive (tertentu). Jumlah sampel sebanyak 40 siswa pada kelas VIII SMP Negeri 78 Jakarta. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus r product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crombach. Hasil uji coba diperoleh reliabilitas = 0,932 variabel X sedangkan 0,882 variabel Y dan rt = 0,329. Dalam hasil Perhitungan Uji lilliefors menyimpulkan galat taksiran regresi Y atau X berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel). Hasil perhitungan didapat nilai L hitung Variabel X terbesar 0,111 dan variabel Y sebesar 0,082 sedangkan masingmasing variabel mempunyai L tabel 0,140 (α = 0.05 dan n = 40). Persamaan model regresi linier sederhana menghasilkan bentuk regresi Ŷ = 8,60 + 2,537X. Penghitungan uji pesyaratan analisis menghasilkan kesimpulan bahwa regresi tersebut berdistribusi normal. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 43,26 dan Ftabel sebesar 4,10 (Fhitung > Ftabel). Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung sebesar 1,50 dan Ftabel sebesar 2,90 (Fhitung < Ftabel). Ini menunjukan bahwa model regresi yang dipakai adalah berarti/linier. Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat hubungan yang positif antara Pemahaman Konsep Nilai-nilai Pancasila dalam Bidang studi Pkn dengan Karakter Siswa di SMP Negeri 78 Jakarta Pusat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis korelasi Product Moment yang menghasilkan rxy = 0,730. Sedangkan uji keberartian korelasi dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung 6,58 dan ttabel 1,68 (thitung > ttabel). Uji determinasi menghasilkan rxy² sebesar 0,5324 atau 53,24,%. Ini menunjukan bahwa ada hubungan positif antar kedua variabel dan variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X sebesar 53,24%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd; 2). Yuyus Kardiman, M.Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:07
Last Modified: 02 Sep 2022 07:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34319

Actions (login required)

View Item View Item