PERBEDAAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN OHP (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 24 JAKARTA PUSAT)

FITRI JUMIATI, . (2008) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN OHP (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 24 JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 3.pdf

Download (51kB)
[img] Text
File 4.pdf

Download (52kB)
[img] Text
File 6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
File 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (21kB)
[img] Text
File 7.pdf

Download (6kB)
[img] Text
File 8.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui metode ceramah menggunakan Microsoft power point dengan metode ceramah menggunakan OHP. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2008 sampai dengan bulan April tahun 2008, dengan mengambil lokasi di SMA Negeri 24 Jakarta Pusat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, menggunakan dua kelas, satu kelas adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan melalui metode ceramah menggunakan Microsoft power point dan kelas kontrol melalui metode ceramah menggunakan OHP. Hasil pengujian hipotesis berdasarkan analisis data yang diperoleh ternyata harga > . Harga sebesar 8,190 sedangkan sebesar 1,666 berarti ditolak. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar PKn siswa melalui metode ceramah menggunakan Microsoft power point lebih tinggi daripada metode ceramah menggunakan OHP. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar PKn melalui metode ceramah menggunakan Microsoft power point dengan metode ceramah menggunakan OHP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn melalui metode ceramah menggunakan microsoft power point lebih tinggi daripada metode ceramah menggunakan OHP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd; 2). Dra. Ciek Julyati Hisyam, M.M., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:36
Last Modified: 05 Sep 2022 07:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34596

Actions (login required)

View Item View Item