PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN BENDA DI SDN GUGUS I KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

SOSI FITRI YANTI, . (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN BENDA DI SDN GUGUS I KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab I Ochy.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV Ochy.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB IIIB Ochy.pdf

Download (356kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
RPP fix.pdf

Download (852kB)
[img] Text
GRAFIK HISTOGRAM.pdf

Download (15kB)
[img] Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (10kB)
[img] Text
soal2 vlidasi.pdf

Download (510kB)
[img] Text
surat keterangan penelitian.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
dokumentasi.pdf

Download (625kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V Ochy.pdf

Download (28kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (198kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II Ochy.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA yang diterapkan kepada dua kelas sampel dari populasi siswa Sekolah Dasar Negeri gugus I wilayah Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design posttest only design dan statistik yang mencakup analisis distribusi frekuensi, mean, median, modus, deviasi dan varians, serta grafik distribusi frekuensi dari data kedua kelompok. Sebelum diujikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, materi tes sumatif terlebih dahulu diujikan kepada kelompok anggota populasi diluar sampel penelitian guna mensortir butir-butir soal yang valid dan drop, serta dicari koefisien reliabilitasnya. Diperoleh 35 butir soal valid, 10 butir soal drop, koefisien reliabilitasnya 0.911, nilai ini mengindikasikan bahwa instrumen memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis, data diuji secara normalitas dengan metode Liliefors untuk menguji apakah data memiliki distribusi normal atau tidak, data diuji dengan taraf signifikansi 5% dan dikatakan berdistribusi normal apabila Lhitung < Ltabel. Berdasarkan hasil perhitungan, kedua populasi data berdistribusi normal karena baik Lhitung kelas eksperimen = 0.095 dan Lhitung kelas kontrol = 0.117, lebih kecil dari nilai Ltabel = 0.161. Pengujian data selanjutnya dengan uji homogenitas yang dilakukan dengan uji varians, nilai F didapat Fhitung = 1.31, sedangkan Ftabel = 1.90, karena Fhitung < Ftabel hal tersebut menandakan bahwa data varians adalah homogen. Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh Pengujian hipotesis dengan uji t. dilakukan pada taraf signifikansi α=0.05. Data uji t hasil perhitungan didapat thitung = 3.718, sedangkan pada nilai ttabel = 2.02, hal ini menunjukan t-test hasil perhitungan lebih besar dari pada nilai t-test pada tabel, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. antara penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini secara teoretis memberikan suatu gambaran mengenai penggunaan media audio visual dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA. ***** The goal of the research is to search about the effect of the usage of audiovisual media toward learning science outcomes which apply to the two sample classes from elementary school student population of cluster I Setiabudi subdistrict of South Jakarta. This research uses experimental methods to design post-test only design and statistical analysis that includes frequency distribution, mean median, mode, deviation and variance, and frequency distribution graph of the data the two groups. Before tested on the experimental group and control group, summative test material was tested prior to group members outside the sample population in order to sort the items and drop a valid question, and sought the coefficient of reliability. Retrieved 35 point about valid, 10 items about the drop, the reliability coeffitient of 0.911, this value indicates that the instrument has a very high reliability. Before conducting test of hypotheses to test requirements analysis, data normality was tested with Liliefors method to test whether the data has a normal distribution or not, the data are tested with significance level of 5% and is said to have normal distribution when Lhitung < Ltabel. Based on calculations, the two populations because both the normal distribution of data = 0.095 Lhitung experimental class and control class Lhitung = 0.117, less than the value Ltabel = 0.161. Testing further data with homogeneity test conducted by testing the variance, F value obtained Fhitung = 1.31, while Ftabel = 1.90, because Fhitung < Ftabel it indicates that the data variance is homogeneous. Testing the hypotheses with the t-test conducted at significance level α = 0.05. Data t-test calculations results obtained thitung = 3.718, whereas the values ttabel = 2.02, this shows t-test results of the calculation is greater than the value of t-test on the table, so H0 rejected and H1 accepted. This indicates that there is influence between the use of audiovisual media on science learning outcomes. The results of this study is theoretically provide an overview of the use of audiovisual media influence on learning outcomes in science.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:44
Last Modified: 08 Sep 2022 04:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35382

Actions (login required)

View Item View Item