MINARNI, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) (PTK pada siswa kelas IV tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (936kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (209kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR ISI skripsi.pdf Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN skripsi.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (174kB) |
|
Text
lampiran skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (244kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (251kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL skripsi.pdf Download (7kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (80kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf Download (363kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SARJANA 1.pdf Download (155kB) |
|
Text
surat keterangan dari sekolah.pdf Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melakukan perubahan dalam mengembangkan pemahaman siswa serta untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian dilakukan dikelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Fokus penelitian adalah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika dikelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I baru mencapai 65,72% dari jumlah siswa yang mencapai nilai ≥60 dan belum mencapai target nilai yang diinginkan oleh peneliti yaitu 85%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai v 91,42% dari jumlah siswa telah mencapai nilai ≥60, pada silus kedua hasil belajar siswa telah mencapai target keberhasilan yang diinginkan. Berdasarkan tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terjadi antara siklus I dan siklus II yaitu sebesar 25,7% . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT (teams games tournaments) pada matematika dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament ini dapat membantu siswa dalam membiasakan diri untuk bekerjasama, dan berinteraksi dengan teman sebayanya dalam melakukan sebuah permainan. Dimana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe TGT dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd; 2). Drs. A. R.Supriatna, M,Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35426 |
Actions (login required)
View Item |