UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) (PTK pada siswa kelas IV tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan)

MINARNI, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) (PTK pada siswa kelas IV tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (209kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI skripsi.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN skripsi.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (174kB)
[img] Text
lampiran skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL skripsi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SARJANA 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
surat keterangan dari sekolah.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melakukan perubahan dalam mengembangkan pemahaman siswa serta untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian dilakukan dikelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Fokus penelitian adalah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika dikelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I baru mencapai 65,72% dari jumlah siswa yang mencapai nilai ≥60 dan belum mencapai target nilai yang diinginkan oleh peneliti yaitu 85%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai v 91,42% dari jumlah siswa telah mencapai nilai ≥60, pada silus kedua hasil belajar siswa telah mencapai target keberhasilan yang diinginkan. Berdasarkan tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terjadi antara siklus I dan siklus II yaitu sebesar 25,7% . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT (teams games tournaments) pada matematika dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament ini dapat membantu siswa dalam membiasakan diri untuk bekerjasama, dan berinteraksi dengan teman sebayanya dalam melakukan sebuah permainan. Dimana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe TGT dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd; 2). Drs. A. R.Supriatna, M,Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:19
Last Modified: 08 Sep 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35426

Actions (login required)

View Item View Item