PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGICO PICOLO SISWA SEKOLAH DASAR KELAS I (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 15 Pamulang Tangerang Selatan)

WIWIN KURNIASIH, . (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGICO PICOLO SISWA SEKOLAH DASAR KELAS I (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 15 Pamulang Tangerang Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Cover,Keapsahan,Daftar isi.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4. BAB II logico sudah revisi.pdf

Download (410kB)
[img] Text
5. BAB III logico.pdf

Download (425kB)
[img] Text
6. BAB IV logico.pdf

Download (675kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
7. BAB V logico.pdf

Download (14kB)
[img] Text
8. lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I logico.pdf

Download (144kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 1 semester 1 pada pelajaran Matematika tentang penjumlahan dan pengurangan. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang selama tiga bulan dari bulan Oktober sampai Desember 2010. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas 1 I Makkah masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan kelas I lainnya yaitu kelas I Madinah dan I Mina. Rendahnya hasil belajar matematika di SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang dapat disebabkan aktivitas guru terlihat dalam kegiatan belajar mengajar lebih cenderung dominan jika dibandingkan dengan aktivitas siswa (teacher oriented). Melihat permasalahan di atas maka diperlukan sistem pembelajaran yang tepat dan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran seperti Logico Picolo. Dengan media Logico Picolo, siswa diajak belajar sambil bermain. Diharapkan siswa lebih senang dan termotivasi untuk belajar matematika, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media Logico Picolo dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu dapat dilihat dari rata-rata evaluasi dan persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Rata-rata nilai evaluasi pada siklus I adalah 61,43 dan pada siklus II adalah 77,5. Nilai pada siklus II telah berhasil melewati batas Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 65. The purpose of this research is to improve the activity and students' grade 1 semester 1 in maths about addition and subtraction. This experiment was held at SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang for three months from October to December 2010. The method used is a Class Action Research, which consists of two cycles. Based on preliminary observations conducted by researchers at SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang show that the results of mathematics learning in grade I Mekka is still relatively low when compared with other first class of the class I Medina and I Mina. The low learning results in elementary mathematics can be due to the activity seen in the teachers' teaching and learning activities are more likely dominant when compared with the activity of the students (teacher-oriented). Seeing the above problems, it is necessary to appropriate learning system and increase student motivation to learn. One of them is by using instructional media such as Logico Picolo. By media Logico Picolo, students are invited to learn while playing. It is expected that students are more excited and motivated to learn math, resulting in improved learning results. The results of this experiment that learning mathematics using media Logico Picolo can enhance students' mathematics learning results that can be seen from the average percentage of completeness of evaluation and student learning in each cycle. The average value of evaluation in the first cycle was 61.43 and on the second cycle is 77.5. The value on the second cycle has managed to cross the line at 65 Minimum Criteria for Completeness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M.Syarif Sumantri, M.Pd; 2). Drs. Endang Wahyudiana.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:14
Last Modified: 09 Sep 2022 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35547

Actions (login required)

View Item View Item