EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA SMP TERBUKA CAKUNG 1 YANG BERINDUK DI SMP N 138 JAKARTA

ITCHY ALIEM SURYANINGSIH, . (2020) EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA SMP TERBUKA CAKUNG 1 YANG BERINDUK DI SMP N 138 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
09 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
12 BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Itchy Aliem Suryaningsih, Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran pada SMP Terbuka Cakung 1 Yang Berinduk di SMP N 138 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kualitas pelaksanaan pembelajaran kecantikan pada SMP N Terbuka Cakung 1 yang berinduk di SMPN 138 Jakarta, (2) Output pelaksanaan pembelajaran kecantikan pada SMP N Terbuka Cakung 1 yang berinduk di SMPN 138 Jakarta. SMP Terbuka menjadi salah satu upaya untuk mengatasi masyarakat lulusan SD yang karena keadaan geografis dan sosial ekonomis terhambat untuk melanjutkan pendidikan ketingkat SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa dan guru. Objek penelitian adalah kualitas pelaksanaan pembelajaran Kecantikan, dan hambatan Output pelaksanaan pembelajaran Kecantikan. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, wawancara, analisis dokumen dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, kualitas pelaksanaan pembelajaran kecantikan pada SMP N Terbuka Cakung 1 yang berinduk di SMPN 138 Jakarta secara keseluruhan hasilya sangat baik. Namun masih ada beberapa siswa pasif dalam pembelajaran di kelas. Guru berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator dalam pembelajaran kecantikan. Metode pembelajaran kecantikan yang dilakukan adalah metode ceramah, demo, tanya jawab, dan latihan. Kedua,Output pelaksanaan pembelajaran kecantikan pada SMP N Terbuka Cakung 1 yang berinduk di SMPN 138 Jakarta secara keseluruhan hasilya sangat baik. Beberapa hambatan pembelajaran kecantikan yaitu, motivasi belajar siswa yang berbeda-beda, waktu pembelajaran yang terbatas, dan sumber belajar yang terbatas. Sehingga guru harus berusaha menangani berbagai hambatan pembelajaran kecantikan dengan berbagai cara salah satunya dengan memotivasi kepada siswa, mempersingkat materi pembelajaran, dan mencari sumber belajar dari berbagai sumber. Kata kunci : Pembelajaran kecantikan, SMP Terbuka ABSTRACT Itchy Aliem Suryaningsih, Evaluation of Learning Implementation in Cakung 1 Open Middle School which is in SMP N 138 Jakarta This study aims to describe: (1) The quality of the implementation of beauty learning at SMP N Open Cakung 1 which is located at SMPN 138 Jakarta, (2) The output of the implementation of beauty learning at SMP N Open Cakung 1 which is at SMP N 138 Jakarta. Open Junior High School is one of the efforts to overcome elementary school graduates who are hampered due to geographical and socio-economic conditions to continue their education to junior high school level. This research is a research with a qualitative approach. Subjects in research are students and teachers. The object of research is the quality of the implementation of Beauty learning, and the output barriers to the implementation of Beauty learning. Research data obtained through observation, interviews, document analysis and questionnaire sheets. The results showed: First, the quality of the implementation of beauty learning at SMP N Open Cakung 1 which located at SMPN 138 Jakarta overall was very good. But there are still some passive students in classroom learning. The teacher acts as a learning resource, facilitator, demonstrator, guide, motivator, and evaluator in learning beauty. Beauty learning methods carried out are lecture, demo, question and answer, and practice methods. Second, the output of the implementation of beauty learning at Cakung 1 Open N SMP which is located at SMPN 138 Jakarta overall was very good. Some barriers to beauty learning are, students' different learning motivations, limited learning time, and limited learning resources. So the teacher must try to deal with various barriers to beauty learning in various ways one of them is to motivate students, shorten learning material, and find learning resources from various sources. Keywords: Beauty learning, Junior High School Open

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 01. Dr. SITTI NURSETIAWATI, M.Si. ; 02. Dra. LILIS JUBAEDAH, M.Kes
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 404 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 12:17
Last Modified: 05 Mar 2020 12:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item View Item