PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEBERSIHAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG RUMAH SAKIT UMMI BOGOR

RIZKY VIRGIAN HIDAYAT, . (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEBERSIHAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG RUMAH SAKIT UMMI BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan kebersihan terhadap kepuasan pengunjung rumah sakit UMMI Bogor. Penelitian ini melibatkan 70 responden pengunjung rumah sakit. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung. Pengumpulan data pada penelitian ini dimulai pada bulan Agustus 2022 sampai dengan bulan Januari 2023. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Uji inferensial yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kebersihan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan kebersihan, berpeluang meningkatkan kepuasan pengunjung pada rumah sakit UMMI Bogor. Dengan demikian, tindakan kualitas pelayanan kebersihan yang optimal dapat menjadikan salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pengunjung pada rumah sakit UMMI Bogor. Petugas cleaning service yang memiliki kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat memiliki komunikasi yang baik kepada pengunjung, memberikan kebutuhan serta pertolongan dan memiliki strategi dalam mengatasi masalah. ***** This study aims to determine the effect of the quality of cleaning services on visitor satisfaction at the UMMI Bogor Hospital. This study involved 70 hospital visitor respondents. Data collection in this study used a questionnaire that was distributed directly. Data collection in this study began in August 2022 until January 2023. The collected data was processed and analyzed using descriptive statistics and inferential statistics, namely a simple linear regression test. The results showed that the quality of cleaning services had a positive effect on visitor satisfaction. These results indicate that the higher the quality of cleaning services, the higher visitor satisfaction at the UMMI Bogor hospital. Thus, optimal cleaning service quality measures can be used as a way to increase visitor satisfaction at the UMMI Bogor Hospital. Cleaning service officers who have good service quality are expected to have good communication with visitors, provide needs and help and have strategies for solving problems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes. ; 2). Vania Zulfa, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 16997 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:03
Last Modified: 23 Feb 2023 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37084

Actions (login required)

View Item View Item