PENGARUH PENGONDISIAN KELAS DENGAN TEKNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL)TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 44 JAKARTA

WULANDARI., . (2012) PENGARUH PENGONDISIAN KELAS DENGAN TEKNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL)TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN statistik.pdf

Download (502kB)
[img] Text
PRA ISI 17 SEPT12.pdf

Download (189kB)
[img] Text
RPP EKSPERIMEN 6 SEPT 12.pdf

Download (105kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengondisian kelas dengan teknik imagine (khayalan visual) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 44. Objek dan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 44 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak atau random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes menulis puisi. Hasil menulis puisi siswa diberi skor dengan menggunakan kisi-kisi penilaian mengenai aspek irama, rima, pilihan kata, ungkapan, dan jalinan imaji. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Liliefors. Dari hasil perhitungan uji normalitas diperoleh Lо untuk sampel siswa yang belajar dengan menggunakan strategi konvensional sebesar Lo= 0.091371 dan Lo untuk siswa belajar dengan menggunakan pengondisian kelas dengan teknik imagine (khayalan visual) sebesar Lo=0.115586. Adapun Lt (Ltabel) sebesar 0,1497 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, sampel penelitian ini berdistribusi normal karena Lo lebih kecil dari Lt. Untuk uji homogenitas, digunakan rumus uji Barlett. Dari hasil penghitungan diperoleh X2hitung 0,078 sedangkan X2tabel sebesar 48,60237 dengan derajat kebebasan (dk) = (N-1) = 35– 1 = 34, dan taraf signifikan α = 0,05. Maka diperoleh X2hitung= 0,078 lebih kecil daripada X2tabel = 48,60237 dengan melihat kriteria pengujian yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut mempunyai varians yang sama atau homogen. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t. berdasakan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,357 dan ttabel = 1,698 dalam taraf nyata 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh pengondisian kelas dengan teknik imagine (khayalan visual) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 44 Jakarta diterima. Berdasarkan hasil penelitian, pengunaan pengondisian kelas dengan teknik imagine (khayalan visual) dapat diterapkan sebagai salah satu teknik pengajaran untuk pembelajaran menulis puisi. Kata kunci: pengondisian kelas, teknik imagine, menulis puisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 21 Oct 2019 15:01
Last Modified: 21 Oct 2019 15:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item