MODIFIKASI INSTRUMEN SILENCE MAHASISWA SAKSI KECURANGAN AKADEMIK: APLIKASI PEMODELAN RASCH DAN UJI VALIDITAS DISKRIMINAN DENGAN KONSTRUK KEPUASAN PERKULIAHAN MAHASISWA

TRIANA RIZQIA UTAMI, . (2023) MODIFIKASI INSTRUMEN SILENCE MAHASISWA SAKSI KECURANGAN AKADEMIK: APLIKASI PEMODELAN RASCH DAN UJI VALIDITAS DISKRIMINAN DENGAN KONSTRUK KEPUASAN PERKULIAHAN MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan properti psikometri instrumen silence mahasiswa saksi kecurangan akademik yang telah dimodifikasi menggunakan pemodelan Rasch serta menguji validitas diskriminannya dengan instrumen kepuasan perkuliahan mahasiswa. Instrumen silence yang dimodifikasi pada penelitian ini berasal dari adaptasi instrumen employee silence oleh Knoll dkk. (2021). Sedangkan instrumen kepuasan perkuliahan diambil dari dimensi kepuasan sekolah pada Multidimensional Student’s Life Satisfaction Scale yang dikembangkan oleh Huebner (1994). Sampel pada penelitian ini berjumlah 774 orang yang terdiri dari mahasiswa aktif perguruan tinggi Indonesia berusia 18-24 tahun. Analisis yang dilakukan menghasilkan nilai unidimensi sebesar 61,6% atau berkategori istimewa, koefisien alpha cronbach sebesar 0.95 dengan kategori sangat tinggi, nilai item fit pada masing-masing butir yang memenuhi sedikitnya 2 kriteria serta koefisien korelasi sebesar <0.2 antara masing-masing dimensi silence dengan kepuasan perkuliahan. Dengan demikian, instrumen silence mahasiswa saksi kecurangan akademik layak untuk digunakan karena memiliki properti psikometri yang memadai dan terbukti memiliki validitas diskriminan. Kata Kunci: Modifikasi Instrumen, Silence, Mahasiswa Saksi Kecurangan Akademik, Pemodelan Rasch, Kepuasan Perkuliahan.  This study aims to obtain the psychometric properties of the modified silence of student who witness academic cheating instrument using Rasch model and to test its discriminant validity with college satisfaction construct. The modified silence instrument in this study came from an adaptation of the employee silence instrument by Knoll et al. (2021). Meanwhile, the college satisfaction instrument is taken from student’s satisfaction dimension on the Multidimensional Student’s Life Satisfaction Scale developed by Huebner (1994). The sample in this study amounted to 774 Indonesian active students aged 18-24 years. The analysis that has been done produces a unidimensional value of 61.6% or is in the excellent category, a cronbach alpha coefficient of 0.95 with a very high category, the fit value on each item that meets at least 2 criterias, and correlation coefficient of <0.2 between each dimension of silence and college satisfaction. Thus, it can be concluded that this instrument is worthy to use because of its adequate psychometric properties and its discriminant validity evidence. Keywords: Instrument Modification, Silence, Student who Witness Academic Cheating, Rasch Model, College Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anna Armeini Rangkuti. M.Si 2). Dr. Phil. Zarina Akbar, M.Psi
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 17510 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:23
Last Modified: 08 Mar 2023 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38205

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item