STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMAN 89 JAKARTA

ZAHRA KARENINA, . (2023) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMAN 89 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 89 Jakarta. Sub fokus dalam penelitian ini meliputi; strategi komunikasi, bentuk komunikasi, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi komunikasi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru antara lain, strategi memberitahu, strategi memotivasi, strategi mendidik, strategi menyebarluaskan informasi, dan strategi mendukung pembuatan keputusan; 2) Bentuk komunikasi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, yaitu komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, dan komunikasi organisasi; 3) Faktor pendukung dalam komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah hubungan baik yang terjalin antara kepala sekolah dengan guru. Sedangkan faktor penghambat adalah hambatan dari individu masing-masing yang menyebabkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. This study aims to describe the principal's communication strategy for improving teacher performance in the implementation of the Sekolah Penggerak Program at SMA Negeri 89 Jakarta. The sub-focus in this research includes; communication strategies, forms of communication, along supporting and inhibiting factors. This study used a qualitative approach and descriptive method with data collection techniques through interviews, observation, and documentation studies. The results of this study indicate that: 1) The communication strategies used by school principals to improve teacher performance include informing strategies, motivating strategies, educating strategies, information disseminating strategies, and decision-making support strategies; 2) Forms of communication used by school principals in improving teacher performance, namely interpersonal communication, group communication, and organizational communication; 3) The supporting factor in the principal's communication in improving teacher performance is the good relationship that exists between the principal and the teacher. As well as the inhibiting factors are obstacles from each individual that causes misunderstandings in communicating.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Amril Muhammad, S.E., M.Pd. ; 2). Dr. Sugiarto, M.A.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 17685 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:24
Last Modified: 15 Mar 2023 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38609

Actions (login required)

View Item View Item