PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 46 JAKARTA

WINDY FITRIA WIRANTI, . (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap stres akademik pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan teknik proportional random sampling dengan sampel berjumlah 225 siswa di SMK Negeri 46 Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil persamaan dari uji analisis regresi linear berganda yaitu Y = 42.150 + (-0,098.X1) + (-0,110. X2). Uji t menunjukkan variabel efikasi diri (X1) memiliki nilai sig. 0,000 dan variabel dukungan sosial (X2) memiliki nilai sig. 0,010. Hasil uji T mengindikasikan adanya pengaruh yang negatif dan signifikan dari variabel efikasi diri dan dukungan sosial secara parsial terhadap stres akademik. Hasil uji F menunjukkan nilai sig. 0,000 yang mengartikan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial secara simultan berpengaruh terhadap stres akademik. Efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap stres akademik sebesar 38,1%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial secara parsial dan simultan berpengaruh langsung terhadap stres akademik. Kata Kunci: efikasi diri, dukungan sosial, stres akademik. ***** The purpose of this study was to determine the effect of self-efficacy and social support on academic stress in students. This study used a quantitative approach with survey methods. The sampling technique in this study used the slovin formula with proportional random sampling technique with a sample of 225 students at SMK Negeri 46 Jakarta. The research instrument used is in the form of Likert scale. The data analysis technique used in the study is multiple linear regression analysis. The results of this study show the equation results from the multiple linear regression analysis test, namely Y = 42.150 + (-0.098.X1) + (-0.110. X2). The t test shows the self-efficacy variable (X1) has a sig value. 0.000 and the social support variable (X2) have a sig value. 0.010. The results of the T test indicate a negative and significant effect of self-efficacy variables and partial social support on academic stress. The result of the F test shows the sig value. 0.000 which means that self-efficacy and social support simultaneously affect academic stress. Self-efficacy and social support had an effect on academic stress by 38.1%. From the results of the analysis, it can be concluded that self-efficacy and social support partially and simultaneously have a direct effect on academic stress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si. ; 2). Dr. Christian Wiradendi Wolor, S.E, M.M.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 18086 not found.
Date Deposited: 19 May 2023 02:39
Last Modified: 19 May 2023 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38835

Actions (login required)

View Item View Item